16 Subsektor Ekonomi Kreatif yang Bisa Jadi Peluang Usaha

16 Subsektor Ekonomi Kreatif yang Bisa Jadi Peluang Usaha

Kamu tertarik menjadi seorang wirausaha? Bila tertarik, tentunya kamu wajib mengetahui sederet bidang-bidang ekonomi yang bisa dijadikan peluang usaha. Ada inspirasi yang bisa kamu coba untuk menjalankan bisnis yaitu dari 16 subsektor ekonomi kreatif. Langsung aja cari tahu penjelasan selengkapnya mengenai subsektor ini.

16 Subsektor Ekonomi Kreatif

Pemerintah Indonesia sudah menyadari bahwa kreativitas khususnya di kalangan anak muda bisa menjadi penggerak ekonomi. Maka, pemerintah pun merumuskan sebanyak 16 bidang yang bisa dikategorikan sebagai ekonomi kreatif. Berikut ini penjelasan selengkapnya dan contohnya.

1.Aplikasi dan Pengembang Permainan

Perkembangan teknologi menjadi alasan pemerintah menjadikan aplikasi hingga pengembang permainan jadi sektor ekonomi kreatif yang menjanjikan. Sudah banyak akses untuk para kreator membuat aplikasi serta pengembang permainan ini. Misalnya mulai memasukan aplikasi dalam dunia pendidikan.

  1. Arsitektur

Salah satu alasan mengapa arsitektur masuk ke dalam ekonomi kreatif karena melihat potensi para arsitek local. Kerap kali inovasi arsitektur hanya mengikuti tren dari luar. Padahal Indonesia yang kaya akan budayanya ini sangat berpotensi membuat tren arsitektur tersendiri. Apalagi kreativitas anak-anak Indonesia yang luar biasa.

  1. Desain Interior

Perkembangan pesat terjadi pada industri desain interior. Banyak orang yang mulai memakai jasa desain untuk membuat rumah, perkantoran bahkan hotel. Banyak para pelaku kreatif yang memberikan jasa desain dengan ide kreatif yang luar biasa.

  1. Desain Grafis

Urusan design memang sedang banyak disorot public. Salah satunya adalah desain grafis yang membantu penyampaian pesan dengan bantuan visual. Semakin kesini ternyata makin banyak masyarakat yang memahami betapa pentingnya desain grafis. Maka, sektor ini pun semakin lama akan semakin berkembang,

  1. Desain Produk

Segala sesuatu yang berbau desain memang sedang naik daun terutama di Indonesia. Masyarakat juga memiliki kesadaran bahwa produk juga tak hanya dilihat dari fungsinya saja. Tetapi juga dilihat dari segi tampilan. Tentunya masyarakat juga semakin mengapresiasi produk yang memiliki desain bagus dan menarik.

  1. Fashion

Inovasi dan kreativitas para desainer lokal membuat dunia fashion di Indonesia juga semakin berkembang. Kamu pastinya dengan mudah melihat berbagai produk dari hasil desainer lokal. Jika kamu tertarik dalam dunia fashion, sekarang sudah banyak saluran yang dipakai untuk menyalurkan kreativitasmu.

  1. Film, Animasi dan Video

Semakin banyak orang yang tertarik berkecimpung di dunia video. Bahkan banyak universitas yang memiliki jurusan khusus untuk bidang ini. Rumah produksi semakin menjamur dan pastinya siap memproduksi video yang mata kreatif. Kamu tertarik mencoba dunia ini?

  1. Fotografi

Mirip dengan dunia video, fotografi juga banyak disukai oleh para profesional muda. Saat ini juga banyak program kursus bagi kamu yang ingin mengembangkan diri sebagai fotografer. Apalagi banyak wadah yang siap mengapresiasi segala karya fotografi.

  1. Kerajinan Tangan

Perkembangan teknologi kini cukup memainkan peran penting dalam hal keterampilan tangan. Bagi kamu pecinta kerajinan tangan, jangan takut mengeksplor talenta tersebut. Jika dilakukan secara serius, bukan tak mungkin kerajinan tangan menjadi salah satu lahan mata pencaharian yang menjanjikan.

  1. Kuliner

Tak disangka ternyata 30% pendapatan negara di sektor pariwisata serta ekonomi kreatif berasal dari bidang kuliner. Semakin banyak orang yang mencoba bidang kuliner yang dibalut dengan konsep kreatif. Hal inilah yang membuat orang tertarik untuk mencoba. Apalagi perkembangan teknologi yang memudahkan kamu melakukan pemasaran.

  1. Musik

Dari dulu hingga sekarang, musik menjadi salah satu industri yang terus berkembang. Kembali lagi teknologi mempermudah para seniman dalam bidang musik untuk menerbitkan karyanya. Kamu tinggal pilih platform digital yang dengan mudah menyebarkan karyamu. Tak heran banyak musisi yang terkenal karena viral di media sosial misalnya.

  1. Penerbitan

Meskipun banyak orang yang mulai meninggalkan media cetak, tetapi karya berbentuk tulisan sekarang bisa diakses dengan cara digital. Kamu yang suka menulis kreatif, bisa dengan mudah menyebarkan karya agar bisa dibaca oleh banyak orang. Jadi, jangan takut mencoba jika memang kamu berminat di bidang penerbitan dan penulisan ya.

  1. Periklanan

Semakin banyak produk yang dihasilkan oleh para pengusaha kecil menengah, semakin banyak pula teknik pemasaran yang dibutuhkan. Salah satunya dengan iklan. Kamu bisa mengeksplor ide kreatif untuk mengemas pemasaran sebuah produk yang pastinya menarik perhatian masyarakat.

  1. Seni Pertunjukan

Kecintaan masyarakat pada seni semakin tinggi. Tak heran jika semakin banyak panggung pertunjukan baik tradisional ataupun kontemporer. Para pelaku seni juga banyak mengembangkan kreativitas yang bisa diterima oleh masyarakat. Kamu jadi tak perlu merasa ketinggalan zaman saat mempelajari seni pertunjukan.

  1. Seni Rupa

Indonesia memiliki potensi yang cukup besar di bidang seni rupa. Para pelaku kreatif terus berkembang dan masyarakat juga menerima kreativitas para pekerja seni rupa. Apalagi pasarnya kini bisa menembus ke internasional.

  1. Televisi dan Radio

Keberadaan internet mungkin membuat sebagian orang merasa televisi dan radio semakin tersingkir. Namun jangan salah, masih banyak masyarakat yang menikmati konten televisi dan radio. Maka, kedua industri ini masih layak masuk ke dalam 16 subsektor ekonomi kreatif.

Menjadi kreatif kini sudah bisa menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan. Tinggal bagaimana kamu bisa mengembangkan potensi melalui media yang ada. Semakin pesat teknologi, maka semakin banyak peluang kamu untuk menuangkan kreativitas.

shares