4 Jenjang Karier Kepolisian Indonesia

4 Jenjang Karier Kepolisian Indonesia

Polisi merupakan satuan kelompok pengamanan negara sama seperti TNI. Polisi cenderung memiliki tugas yang berhadapan langsung dengan kejahatan yang dilakukan didalam internal negara. Adapun kejahatan yang berkaitan dengan kegiatan tersebut seperti pencurian, kriminalitas hingga ragam kegiatan yang mengancam negara dan warganya. Sehingga yang sering kita jumpai dalam kegiatan harian merupakan polisi dibandingkan dengan TNI.

Polisi sendiri sebelum dilantik menjadi abdi negara, mereka mengenyam pendidikan terlebih dahulu dalam sebuah akademi. Dimana didalam akademi mereka akan diajari berbagai kegiatan yang menunjang skill dan kompetensi bahkan mental mereka dalam menjalankan tugas negara. Sebab itu, ketika memutuskan untuk masuk menjadi bagian dari abdi negara tersebut anda harus menyiapkan mental maupun kemampuan anda.

Ada beberapa tahapan dalam kepolisian untuk anggotanya. Dimana tahapan ini akan mengantarkan mereka menuju kesuksesan dalam mengemban tugas mereka dan menjadi acuan untuk menjadi lebih baik lagi. Berikut merupakan tahapan pangkat polisi yang dapat anda pahami :

  •         Bintara

Tahapan pangkat polisi untuk karier Bintara adalah Bripda, Briptu, Brigadir, Bripka, Aipda, dan Aiptu. Dimana untuk Bripda, Briptu, dan Brigadir masa jabatan akan naik 4 tahun sekali. Sedangkan untuk menjadi Bripka membutuhkan 5 tahun pengabdian. Aipda sendiri didapatkan setelah 2 tahun pengabdian.

  •         Perwira pertama

Tahapan pangkat polisi pada jenjang ini yakni Ipda, Iptu dan AKP. Dimana untuk menjadi Ipda membutuhkan 3 tahun pengabdian, Iptu membutuhkan 6 tahun pengabdian dan menjadi AKP membutuhkan 2 tahun pengabdian.

  •         Perwira menengah

Jenjang pengabdian pangkat polisi ini terdiri atas Kompol, AKBP, dan Kombes.

  •         Perwira tinggi

Jenjang pangkat polisi ini terdiri atas Brigjen, Irjen, Komjen dan Jenderal Polisi.

Dalam kenaikan pangkat polisi, anda harus memiliki kualifikasi yang memenuhi persyaratan kenaikan pangkat polisi tersebut. Mulai dari loyalitas, kinerja, hard serta soft skill yang anda miliki untuk menunjang jenjang karier anda. Dengan naiknya pangkat polisi yang anda miliki maka tanggung jawab anda semakin besar sehingga anda harus bertanggung jawab atas posisi tersebut.

shares