5 Indikator Utama SEO

5 Indikator Utama SEO

SEO atau Search Engine Optimization merupakan salah satu proses pengoptimalan sebuah halaman website agar dapat muncul di peringkat teratas dalam mesin pencari. Pentingnya SEO bagi para pemilik website terutama dalam bidang pemasaran bisnis membuat pakar SEO membuka kursus bagi mereka yang ingin belajar tentang SEO.

Indikator SEO

SEO memiliki indikator-indikator yang penting dan berdampak pada peringkat sebuah halaman website dalam mesin pencari. Indikator SEO terdiri dari banyak hal dan biasanya akan selalu berubah mengikuti algoritma mesin pencari. Apabila algoritmanya berubah maka indikator SEO juga akan berubah. Namun beberapa indikator utama SEO yang ada yaitu :

  1. Struktur URL

Struktur URL merupakan salah satu indikator yang paling sederhana yang dapat membuat mesin pencari mengenali halaman website anda dan juga konten atau isi yang dibahas di dalam halaman tersebut. Ada baiknya untuk membuat URL yang sederhana seperti struktur yang hanya mengandung judul artikel dan nama domain. Tidak perlu URL yang terlalu rumit.

  1. Penggunaan SSL/TLS

Halaman web yang menggunakan SSL/TLS akan diutamakan oleh Google sejak tahun 2014. Hal ini karena website yang menggunakan SSL/TLS melakukan enkripsi semua data yang ditransfer yang terjadi di halaman web tersebut sehingga keamanan data-data pengguna akan lebih terjamin dan aman.

Website yang tidak menggunakan SSL/TLS biasanya akan ditandai dengan tulisan not secure dan tidak dapat diakses ataupun dapat diakses namun dengan resiko yang ditanggung pengunjung atau pengguna. Website yang sudah menggunakan SSL/TLS memiliki link website yang diawali dengan https sedangkan yang belum memiliki SSL/TLS hanya http.

  1. Topik konten

Anda harus membuat topik utama kemudian menentukan konten yang akan dibahas mengenai topik tersebut. Topik utama dalam suatu website harus saling berhubungan agar dapat membangun website yang baik.

Misalnya anda memiliki blog tentang beauty & fashion maka setidaknya anda harus memiliki beberapa topik utama yang berhubungan dengan beauty & fashion seperti skincare, makeup, fashion style, dan lain-lain.

Apabila konten yang dibahas berhubungan dengan topik dan saling berkaitan maka ada kemungkinan besar bahwa website anda akan mendapatkan ranking teratas pada mesin pencari karena lebih mudah dikenali.

  1. Backlink

Backlink merupakan salah satu faktor utama yang mempengaruhi optimasi SEO. Semakin banyak backlink yang ditujukan ke website anda maka mesin pencari Google akan menganggap bahwa website anda dapat dipercaya dan memiliki kredibilitas yang tinggi. Namun backlink haruslah berasal dari halaman website yang berkualitas dan bukan merupakan web baru atau yang berkualitas rendah.

  1. Search intent

Terkadang kata kunci yang digunakan memiliki arti yang berbeda padahal yang ingin dicari tidak sesuai dengan hasil yang muncul. Misalnya seseorang memasukkan kata kunci baju namun yang keluar adalah website yang menjual baju.

Jarang sekali muncul topik tentang fashion baju, sejarah baju, jenis-jenis baju, dan lainnya. Hal ini karena mayoritas masyarakat menggunakan kata kunci tersebut untuk mencari toko baju online sehingga Google memanfaatkan hal ini dalam search intent.

Bergelut di dunia internet marketing tidaklah mudah salah satunya haru s memahami optimasi SEO ini. Namun tidak perlu khawatir karena pakar SEO http://wahyublahe.id/seo/ menawarkan kursus pelatihan SEO bagi yang tertarik belajar SEO agar dapat lebih memahami semua hal tentang SEO baik untuk penggunaan sendiri ataupun untuk kebutuhan bisnis.

shares