5 Tips Memilih Produk Susu Formula untuk Bayi

Tips Memilih Produk Susu Formula untuk Bayi

Banyak tempat jual susu bayi dengan kandungan gizi lengkap. Namun, pemilihan dan penggunaan susu formula tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Demi kebaikan si kecil, orang tua perlu berhati-hati dalam memilih susu formula. Berikut adalah 5 tips pemilihan produk susu formula yang tepat untuk bayi.

  1. Pilih Jenis Susu yang Tepat

Ada banyak sekali produk susu formula yang beredar di pasaran. Anda harus memastikan jenis susu yang dipilih sudah tepat. Apakah susu tersebut terbuat dari protein susu sapi atau protein dari kacang kedelai. Protein susu sapi itu sendiri terbagi lagi menjadi dua jenis yaitu whey dan casein.

Perhatikan juga kandungan nutrisi pada produk susu yang akan Anda berikan pada si kecil. Pilih produk susu formula yang kandungan nutrisinya lengkap dan bisa memenuhi kebutuhan anak.

  1. Sesuaikan dengan Usia Anak

Produk susu formula dibuat sesuai dengan kategori usia si kecil. Bisa kita lihat bahwa beberapa produk susu dibuat khusus untuk bayi baru lahir, anak di bawah 1 tahun, dan kategori usia lainnya. Jangan sampai salah pilih produk susu agar si kecil bisa mendapatkan nutrisi sesuai dengan kategori usianya.

  1. Pertimbangkan Risiko Alergi

Anak bisa saja menderita alergi susu formula jenis tertentu. Orang tua harus mewaspadai adanya risiko alergi ini. Itulah mengapa penting sekali bagi orang tua untuk berkonsultasi kepada dokter spesialis anak terlebih dahulu. Dokter akan memberikan saran terbaik mengenai pemilihan susu formula untuk si kecil.

Kemungkinan alergi pada anak bukan berarti menjadi halangan bagi orang tua untuk memberikan susu formula. Di sinilah tugas dari tenaga kesehatan seperti dokter. Mereka akan memberi saran terbaik, susu formula seperti apa yang bisa diberikan pada anak dengan kondisi alergi.

  1. Perhatikan Kandungan Nutrisi

Pemilihan susu formula juga harus memperhatikan kandungan nutrisinya. Setiap produk susu memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda. Kadar gizinya juga bisa saja tidak sama. Itulah mengapa penting sekali untuk membaca dengan teliti kandungan nutrisi susu formula yang biasanya ada di bagian kemasan.

Saat membeli produk susu, jangan asal pilih karena kemasan dan rasanya yang menarik. Baca lagi kandungan nutrisi yang ada di dalam susu agar si kecil mendapatkan nutrisi terbaik untuk mendukung pertumbuhannya.

  1. Sesuaikan Kebutuhan

Begitu banyak produk susu formula beredar di pasaran. Harga produk susu juga sangat bervariasi dengan kualitas yang beragam. Selain berkonsultasi dengan tenaga kesehatan, Anda juga harus memperhatikan kebutuhan. Sesuaikan pilihan produk susu formula dengan kebutuhan dan kemampuan Anda agar tidak terasa memberatkan.

Itulah tadi 5 tips memilih produk susu formula untuk bayi Anda. Jika sudah tahu produk apa yang akan digunakan, dapatkan susu formula tersebut di toko perlengkapan bayi terdekat. Pastikan Anda membaca dengan teliti agar pemilihan susu formula bisa bermanfaat bagi si kecil.

shares