5 Tips Menjaga Kesehatan Kulit Wajah Sensitif

Tips Menjaga Kesehatan Kulit Wajah Sensitif

Kulit sensitif rentan terhadap sinar matahari, polusi, debu, atau produk perawatan kulit tertentu. Penggunaan tabir surya seperti sunscreen Kiehls dapat membantu kulit sensitif Anda agar tetap tampil mempesona.

Penyebab kulit wajah menjadi sensitif sangat beragam. Tanda orang yang memiliki kulit sensitif adalah muncul bercak pada kulit wajah. Selain bercak, ruam juga sering timbul. Kulit wajah sering terasa panas atau sakit ketika disentuh.

Kondisi kulit sensitif menyebabkan kulit mudah mengelupas karena kering. Oleh karena itu, kulit jadi terasa lebih tipis. Ketika mengelupas, tidak jarang timbul gatal dan memerah. Hal ini karena kulit meradang.

Merawat Kulit Sensitif agar Tetap Sehat

Agar kulit sensitif Anda senantiasa sehat, gunakanlah produk perawatan kulit untuk kulit sensitif. Dalam perawatan ini, ada beberapa hal yang diperhatikan:

  • Gunakan Sabun Wajah yang Ringan dan Ramah untuk Kulit

Semua jenis kulit wajib dibersihkan setidaknya dua kali dalam sehari. Untuk pemilik kulit sensitif, gunakanlah sabun wajah yang mengandung bahan alami atau bahan kimia yang lembut. Hindari pula produk sabun dengan wewangian yang berlebihan.

Bersihkan wajah dengan lembut tanpa menggosok dengan kuat. Ketika mengeringkan wajah, cukup tepuk-tepuk handuk dengan lembut hingga seluruh air mengering. Jangan menggosok handuk pada wajah Anda.

  • Pelembab Penting untuk Kulit Sensitif

Kulit sensitif cenderung kering sehingga mudah mengelupas. Agar kulit terhindar dari hal ini, gunakanlah pelembab yang diformulasikan untuk kulit kering. Oleskan pelembab setiap kali Anda selesai mencuci muka pada pagi dan malam hari sebelum tidur.

Tips Menjaga Kesehatan Kulit Wajah Sensitif

  • Menggunakan Tabir Surya Khusus Wajah

Tabir surya sangat penting untuk kulit sensitif. Produk tabir surya seperti sunscreen Kiehls dapat membantu mengatasi kemerahan dan iritasi karena sengatan sinar matahari. Gunakanlah tabir surya khusus untuk wajah, agar formulanya cocok untuk kulit Anda yang sensitif.

Oleskan tabir surya baik ketika Anda berada di luar rumah dan di dalam rumah. Gunakanlah tabir surya yang ringan di wajah dan non-comedogenic agar tidak menyumbat pori-pori wajah. Selain melindungi dari sinar matahari, tabir surya juga melindungi Anda dari polusi.

  • Menghindari Bahan Pemicu Iritasi

Gunakan produk-produk perawatan kulit yang tidak mengandung bahan memicu iritan. Selalu pilih produk yang dapat digunakan atau khusus untuk kulit sensitif. Dengan menghindari produk ini, Anda dapat mengurangi resiko kulit sensitif.

  • Tes Produk untuk Kulit Wajah

Agar tidak menimbulkan iritasi pada kulit wajah Anda yang sensitif, selalu tes produk yang baru Anda beli seperti make up atau produk perawatan untuk kulit wajah Anda terlebih dahulu.

Cara melakukan tes adalah dengan cara mengoleskan produk ke bagian dalam lengan. Biarkan produk tersebut selama semalam atau gunakan beberapa hari. Apabila tidak ada reaksi tertentu, maka produk tersebut dapat Anda Gunakan.

Kulit sensitif membutuhkan perawatan yang lebih teliti. Jangan lupa selalu membawa tabir surya seperti sunscreen Kiehls agar Anda dapat mengoleskan kembali tabir surya ketika wajah terkena keringat.

shares