6 Makanan yang Dapat Menambah Nafsu Makan Buah Hati Anda

6 Makanan yang Dapat Menambah Nafsu Makan Buah Hati Anda

Permasalahan Anak Susah Makan

Para orang tua tentu sedih jika melihat anaknya tidak mau makan. Penyebabnya pun macam-macam, terkadang anak tidak mau makan karena sedang tidak mood, sedang sakit, atau memang tidak nafsu makan.

Jangan banding-bandingkan anak jika anak tidak mau makan. Tetapi carilah hal apa yang bisa membuat anak mau makan. Bahkan meminta makan sendiri.

Anak-anak memang berbeda dengan orang dewasa. Jika lapar, orang dewasa akan langsung makan. Akan tetapi, anak-anak seringkali tidak merasa lapar dan tidak mau makan. Akibatnya, badannya menjadi kurus. Badan yang kurus menandakan bahwa anak tersebut kekurangan gizi.

Tentu, para orang tua menginginkan anak lahap makan, bukan?

Tenang, disini akan dijelaskan beberapa makanan yang dapat membuat nafsu makan anak meningkat. Tips ini juga bisa diterapkan pada orang dewasa juga lhoo.

Makanan Peningkat Nafsu Makan.

  1. Wortel

Wortel merupakan sayuran yang banyak mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.

Wortel juga mengandung zinc yang baik untuk meningkatkan nafsu makan. Anda bisa memberikan wortel dalam bentuk jus agar anak-anak menyukainya.

  1. Kacang-kacangan

Bagi anak yang masih makan bubur, kacang-kacangan dapat dimasukkan sebagai bahan pelengkapnya. Selain menambah rasa, kacang-kacangan juga mengandung zinc yang disinyalir dapat meningkatkan nafsu makan.

Bagi anak-anak yang sudah dewasa, bisa diberikan cemilan seperti kue dan roti yang mengandung kacang.

  1. Kentang

Jika anak tidak menyukai nasi, kentang adalah makanan pengganti terbaik. Kentang bisa diolah menjadi berbagai macam kreasi makanan yang unik dan dapat menggugah selera buah hati.

Anda bisa memberikan mashed potato, kentang goreng, donat, dan makanan lain berbahan donat untuk meningkatkan nafsu makanannya. Perlu diketahui kentang pun mengandung zink yang dapat meningkatkan nafsu makan anak.

  1. Yoghurt

Yoghurt merupakan salah satu minuman yang disukai anak-anak. Biasanya anak membeli yoghurt kemasan yang ada di toko maupun supermarket. Yoghurt ini merupakan alternatif jajanan bagi anak yang menyehatkan. Yoghurt juga mengandung senyawa probiotik yang dapat menjaga dan memperbaiki saluran pencernaan sang buah hati. Jika saluran pencernaan anak sehat, maka nafsu makan anak pun meningkat, karena makanan tercerna dengan baik dan cepat.

  1. Susu

Untuk menambah nafsu makan bagi buah hati, susu merupakan salah satu solusi terbaik. Akan tetapi, bukan sembarang susu. Pilihlah susu penambah nafsu makan anak yang mengandung nutrisi tinggi.

  1. Minyak ikan

Minyak ikan selain mengandung omega 3 tinggi untuk kecerdasan anak, juga dapat meningkatkan nafsu makan. Minyak ikan dapat membuat anak mudah lapar sehingga anak makan lebih lahap.

Kesimpulan

Pilihlah makanan yang terbaik bagi anak. Ketahui pula makanan yang disukai anak agar mereka tertarik untuk makan. Untuk menarik minat mereka jangan lupa untuk mengkreasikan makanan menjadi bentuk yang lucu agar anak tidak mudah merasa bosan. Jika anak sehat, tentu orang tua pun senang.