6 Manfaat Madu yang Dikonsumsi Sebelum Tidur

Manfaat Madu yang Dikonsumsi Sebelum Tidur

Sejak dulu madu memang sudah dikenal sebagai obat dan makanan yang baik untuk tubuh. Ada banyak manfaat madu yang bisa Anda rasakan terlebih bila Anda mengonsumsinya sebelum tidur. Sebab, semasa tidur tubuh menyerap nutrisi lebih baik. Apa saja manfaat mengonsumsi madu sebelum tidur yang bisa Anda dapatkan?

  1. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Salah satu manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi madu sebelum tidur adalah tidur jadi lebih nyenyak. Mengapa hal ini bisa terjadi? Sebab, madu membuat kadar insulin dalam tubuh sedikit meningkat. Insulin ini akan memicu pelepasan tryptophan di otak yang akan berubah jadi serotonin. Hormon inilah yang membuat tidur jadi lebih pulas.

  1. Mencegah Risiko Kanker dan Jantung

Mengonsumsi madu sebelum tidur ternyata juga bermanfaat untuk mencegah risiko kanker dan jantung. Madu mengandung banyak senyawa fenolik dan flavonoid yang berperan sebagai antioksidan tinggi. Antioksidan ini bermanfaat untuk mencegah risiko jantung, stroke dan beberapa jenis kanker terlebih bila dikonsumsi sebelum tidur.

  1. Mengurangi Risiko Diabetes

Mengonsumsi satu sendok teh madu sebelum tidur ternyata bisa mengurangi risiko diabetes. Sebab, madu tersebut akan membantu mengontrol kadar glukosa dalam darah Anda. Hanya saja, selama Anda melakukan ini, Anda juga harus meminimalkan konsumsi glukosa dan meminimalkan konsumsi makanan dengan karbohidrat tinggi untuk hasil yang maksimal.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Mengonsumsi madu sebelum tidur juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Madu bisa merangsang produksi sel kekebalan dalam tubuh dan akan lebih maksimal bila dikonsumsi pada malam hari. Cukup satu sendok makan sebelum tidur saja, Anda bisa merasakan manfaat madu tersebut.

  1. Membersihkan Racun dalam Tubuh

Madu adalah antioksidan yang baik. Mengonsumsi madu sebelum tidur secara rutin bisa membantu tubuh Anda bersih dari berbagai racun. Anda bisa mengonsumsinya dengan mencampurnya pada air hangat dan tambahan jeruk lemon. Paduan ini akan membantu tubuh Anda melakukan detoksinasi.

  1. Menahan agar Tidak Lapar

Rasa lapar bisa menyerang kapan saja terlebih saat Anda sedang tidur. Dengan mengonsumsi madu sebelum tidur, setidaknya rasa lapar itu bisa dikontrol. Satu sendok madu setara dengan 17 gram karbohidrat dan itu artinya, ia cukup untuk memenuhi kebutuhan energi tubuh.

Terlebih, madu juga mengandung banyak gula alami seperti fruktosa, maltosa, glukosa dan sukrosa. Selain bisa menahan rasa lapar, dengan meminum madu sebelum tidur juga bisa membantu Anda mengontrol berat badan.

Itulah beberapa manfaat madu yang bisa Anda rasakan bila mengonsumsinya sebelum tidur. Untuk hasil yang lebih baik, Anda bisa mencampur satu sendok madu dengan air hangat secukupnya dan tambahkan perasan jeruk lemon. Tubuh Anda akan terasa lebih nyaman tatkala bangun keesokan harinya. Jadi, jangan ragu lagi mengonsumsi madu, ya!