6 Ragam Manfaat Konsumsi Coklat untuk Kesehatan Tubuh

6 Ragam Manfaat Konsumsi Coklat untuk Kesehatan Tubuh

Coklat jadi salah satu bahan makanan populer yang digemari banyak orang tidak memandang usia. Meski aslinya pahit, coklat diolah menjadi makanan yang cenderung manis. Coklat Milo dan sejenisnya dibuat untuk sesuaikan kebutuhan yang mana pada produknya diberi berbagai campuran bahan lain seperti susu. Bukan hanya lezat, coklat pun memberi banyak manfaat ketika dikonsumsi dalam jumlah cukup bagi tubuh lho. Simak ulasan singkatnya berikut.

Manfaat Rutin Konsumsi Coklat

Asalkan dikonsumsi dengan porsi cukup dan merupakan coklat berkualitas, bahan makanan ini akan memberi manfaat khusus untuk kesehatan, di antaranya:

1.     Bantu Turunkan Tekanan Darah

Coklat mampu bantu menurunkan tekanan darah. Hal ini berhubungan saat kita konsumsi coklat, maka kandungan yang ada di dalam coklat tersebut akan merangsang endotelium sebagai lapisan arteri yang bisa menghasilkan senyawa nitric oxide. Senyawa ini berguna untuk membuat alirah darah lebih rileks.

2.     Tingkatkan Kolesterol Baik

Konsumsi coklat juga bisa mengurangi kadar kolesterol LDL yang tinggi akibat mengonsumsi makanan tertentu atau penerapan pola hidup yang kurang sehat. Ini mengapa banyak orang yang menderita kolesterol tinggi mengonsumsi coklat pahit rutin setiap harinya. Seperti jenis dark chocolate dengan kandungan coklat murni 70-100%.

3.     Bantu Cegah Diabetes

Kemudian coklat Milo juga bisa bantu cegah diabetes dengan mengonsumsinya tanpa gula. Penderita diabetes membutuhkan asupan yang diatur dari segi besar kalori, maupun kandungan gulanya. Lebih disarankan konsumsi coklat hitam yang kadarnya lebih dari 80% setiap hari.

4.     Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Manfaat lainnya ialah mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Sebab coklat berfungsi untuk hindari gangguan kardiometabolik penyebab gangguan metabolisme disebabkan asupan tinggi lemak atau tinggi kalori. Mengurangi risiko ini bisa juga dengan penerapan pola hidup yang lebih sehat, serta menjaga pola makan.

5.     Tingkatkan Fungsi Otak

Selanjutnya, menurut penelitian, ekstrak kakao dalam produk coklat dapat bantu cegah penurunan kognitif yang berperan dalam tingkatkan fungsi otak. Ini yang menjadi alasan mengapa konsumsi coklat bisa membuat kita lebih berkonsentrasi atau pun lebih fokus.

6.     Menciptakan Mood Positif

Terakhir, coklat bisa ciptakan mood yang positif. Terbukti bagi sebagian besar orang, makan atau minum coklat akan merasa lebih rileks dan mendapat perasaan senang. Cocok untuk Anda yang moody atau mudah merasakan perasaan kurang nyaman akibat kurang stabilnya mood.

Selain konsumsi coklat bentuk batangan sebagai makanan selingan atau pencuci mulut, Anda bisa coba makanan dan minuman berbahan dasar coklat lainnya sebagai variasi. Khususnya untuk anak-anak yang lebih mudah merasa bosan. Seperti coklat Milo yang sudah diolah menjadi minuman susu dengan rasa yang lezat dan khas. Terdapat tambahan nutrisi lainnya yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi keluarga.

shares