Ayo, Lakukan Kegiatan Positif untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Ayo, Lakukan Kegiatan Positif untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga kesehatan jantung sangatlah penting. Mengapa? Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia. Ada banyak jenis dari penyakit jantung dan yang paling sering dijumpai adalah jantung koroner. Penyakit jantung koroner timbul akibat dari penyempitan pembuluh darah yang terdapat pada jantung. Biasanya penyempitan pembuluh darah terjadi karena kolesterol yang berlebih pada area jantung. Akibatnya, penderita akan merasakan nyeri pada dada dan lama kelamaan pembuluh darah pada jantung akan pecah dan berujung kematian.

Penyakit jantung juga  bisa terjadi karena faktor keturunan, yaitu penyakit jantung bawaan. Penderita sudah memiliki masalah pada jantung sejak lahir, karena terjadi kebocoran pada katup jantung. Selain itu ada penyakit gagal jantung, yaitu kegagalan otot jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Ada juga penyakit aritmia, yaitu gangguang irama detak jantung yang tidak normal dan penyakit infeksi jantung (endokardritis) yaitu terjadinya infeksi pada lapisan jantung. Menjaga kesehatan jantung sangat penting dilakukan, mengingat angka kematian akibat penyakit jantung cukup tinggi. Kiat yang perlu Anda lakukan untuk menghindari penyakit jantung adalah sebagai berikut.

Menjaga kadar gula darah tetap terkendali

Kadar gula darah yang tinggi dalam tubuh memicu penyakit diabetes. Kadar gula darah yang tinggi bisa merusak arteri dan berujung pada penyakit jantung koroner. Mengurangi konsumsi gula berlebih bisa menekan resiko penyakit diabetes sebelum merambat menjadi penyakit jantung.

Menurunkan tensi darah

Semakin tinggi tekanan darah pada tubuh, maka kekuatan tekanan pada dinding pembuluh darah semakin banyak. Akibatnya arteri bisa mengalami penyempitan. Untuk menurunkan tekanan darah bisa dengan mengonsumsi makanan seperti timun, seledri dan lain- lain. Jika mengonsumsinya rutin, maka darah tinggi bisa berangsur-angsur turun.

Mengurangi stress

Stress bisa menyerang saat banyak pikiran, ditambah keadaan sekitar yang kurang mendukung. Stress bisa memicu tekanan darah tinggi jika terjadi berkepanjangan. Menghindari stress perlu dilakukan untuk menjernihkan pikiran dan memulihkan kondisi tubuh. Melakukan relaksasi merupakan upaya yang tepat, seperti berpergian ke tempat yang tenang, piknik dengan kawan-kawan dan mendengarkan lagu favorit juga bisa membangkitkan mood agar tidak stress.

Mengurangi kebiasaan buruk

Kebiasaan buruk seperti merokok sangat kuat menimbulkan resiko timbulnya penyakit jantung. Banyak peringatan yang mengingatkan jika merokok bisa menimbulkan penyakit jantung. Menghindari alkohol juga perlu dilakukan karena alkohol bisa menyebabkan tekanan darah tinggi, kolesterol dan obesitas. Cara menguranginya adalah melakukan metode untuk menghindari rokok sesuai saran dari dokter.

Rajin berolahraga

Penyakit akan mudah menyerang siapa saja yang malas beraktivitas. Melakukan olahraga ringan seperti jogging, senam aerobik, yoga bisa menjaga kesehatan jantung. Hal ini karena bisa memperkuat otot jantung, menurunkan tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol.

Lakukanlah kegiatan positive diatas untuk mencegah dan mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Selagi bisa menjaga kesehatan jantung, mengapa Anda tidak melakukannya dari sekarang sebelum silent killer tersebut menyerang.