Belum Daftar Asuransi Kesehatan? Ketahui 5 Manfaatnya Dulu!

Belum Daftar Asuransi Kesehatan? Ketahui 5 Manfaatnya Dulu!

Tiada satu orang pun yang berharap untuk sakit. Kalau bisa sehat, kenapa tidak? Namun, bukan artinya kita tidak boleh mengantisipasi risiko sakit. Walau tidak berharap, tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga, bukan?

Nyatanya biaya kesehatan tak terduga sangatlah tinggi. Terkadang kita pun tidak punya uang cadangan sebanyak itu. Karena itu, kamu perlu asuransi kesehatan sebagai antisipasi.

Namun, biar kamu lebih merasa yakin saat daftar asuransi kesehatan, mendingan kamu cek dulu 5 manfaatnya berikut ini!

Apa Saja Manfaat Asuransi Kesehatan?

Pada dasarnya asuransi kesehatan menangani masalah finansial dari proses pengobatan atau perawatan jika kamu mengalami risiko kesehatan. Namun, seperti apa saja sih manfaat secara konkritnya?

1. Kamu Tidak Perlu Ribet Mikirin Uang

Ketika kita sakit, kita harus memikirkan persiapan berbagai macam hal. Kita harus menjalani pemulihan, minum obat, menjaga makan, dan juga menyiapkan uang. Dengan begitu banyak aspek persiapan, asuransi membantu meringankan setidaknya masalah uang.

Karena itu, ketika sakit kamu tidak perlu ribet mikirin uang. Cukup fokus dengan aspek pemulihan kesehatan kamu agar bisa kembali sehat seperti normal.

2. Tidak Merepotkan Orang Lain

Pada umumnya, risiko kesehatan yang serius menghabiskan banyak uang. Terutama jika berkaitan penyakit kronis, seperti kanker, stroke, dan serangan jantung. Karena itu, banyak orang yang tidak mempunyai uang cadangan untuk membayar tagihannya.

Jika kamu jatuh sakit dan tidak punya asuransi kesehatan, maka otomatis kamu akan meminta bantuan finansial dari keluarga, kerabat, atau teman. Hal ini bisa membuat mereka khawatir dan merepotkan mereka juga.

3. Menghindari Utang

Pada kasus yang ekstrim, orang sampai harus berhutang demi membayar perawatan rumah sakit. Manfaat asuransi kesehatan antara lain juga menyelamatkan kamu dari utang ketika harus mengalami risiko penyakit tak terduga.

4. Bantu Kamu Disiplin Atur Keuangan

Pembayaran asuransi kesehatan, yaitu premi, dibayar secara berkala. Misalnya bulanan atau tahunan. Dengan begitu, kamu harus menyisihkan gaji kamu untuk membayar premi. Hal ini bisa memberikan kebiasaan keuangan yang baik untuk kamu.

Kamu pun akan jadi lebih disiplin dengan uang. Sehingga kamu bisa menerapkannya kembali untuk menabung dan/atau investasi.

5. Manfaat Asuransinya Sendiri Bervariasi

Asuransi kesehatan menyediakan berbagai jenis pertanggungan. Ada yang berbentuk santunan tunai dan ada yang sesuai tagihan. Ada yang khusus rawat jalan, yang khusus rawat inap, atau keduanya. Ada yang jenis klaim asuransi kesehatannya melalui cashless atau kartu dan ada yang reimburse.

Semua ketentuan pertanggungan ini tertulis dalam polis asuransi.

Karena itu, sebelum membeli pastikan kamu sudah membaca polis asuransi kesehatan kamu dengan teliti. Dengan begitu, kamu pun juga bisa menyesuaikan nilai pertanggungan dan jenis pertanggungannya sesuai kebutuhan kamu!