Cara Cepat Mahir Berbahasa Inggris, Pemula Harus Coba!

Cara Cepat Mahir Berbahasa Inggris, Pemula Harus Coba!

Menguasai dan fasih berbahasa Inggris merupakan sebuah kebanggaan tersendiri. Bagaimana tidak, bahasa yang dijadikan bahasa internasional tersebut memang begitu penting kehadirannya sebagai alat komunikasi antar bangsa.

Untuk kamu yang sedang dalam tahap belajar bahasa Inggris, tips-tips berikut akan menunjang belajarmu agar semakin cepat mahir berbahasa Inggris. So, read it carefully, ya!

Pelajari Pengucapan Alfabet dan Kosakata yang Benar

Dasar awal yang menjadi pijakan adalah pelafalan alfabet. Kamu perlu memahami alfabet dari a sampai z dan pengucapan kosakata dasar secara benar dan tepat.

Kuasai Grammar

Grammar merupakan kunci dasar belajar bahasa Inggris. Kamu bisa mulai menghafalkan 16 tenses bahasa Inggris. Setelah menguasainya, mulailah mencari materi dan topik pembelajaran lain seperti passive voice atau sentence.

Cari Kosakata Baru di Kamus

Rutin membuka kamus dan menemukan kosakata baru adalah metode efektif yang bisa kamu lakukan. Pastikan bahwa setiap harinya kamu menambah kosakata baru melalui kamus, buku, atau descriptive text kemudian mencari artinya di kamus.

Mulai Berlatih Membaca dan Menulis

Membaca berarti akan mempertemukanmu dengan kosakata dan pembelajaran baru. Coba cari bahan bacaan berupa karya sastra atau jurnal-jurnal yang ringan. Setelah membaca, biasakan dirimu untuk menulis ringkasannya.

Dengarkan Musik Bahasa Inggris dan Tulis Liriknya

Mendengarkan musik bahasa Inggris merupakan cara belajar paling menyenangkan. Selain memberikan hiburan dengan lirik dan nadanya, musik juga membantumu belajar bahasa Inggris dengan efektif. Saat kamu mendengarkan lagu, tulislah lirik-liriknya, dan jika kamu tidak mengetahui artinya, bergegaslah untuk mencarinya di kamus.

Tonton Film Tanpa Subtitle

Untuk kamu yang sering menonton film Hollywood atau film-film luar yang berbahasa Inggris, itu merupakan hobi yang menguntungkan. Kamu bisa mendapatkan banyak kosakata baru dan membantumu berbicara bahasa Inggris secara natural. Cobalah non-aktifkan subtitle dalam film yang kamu tonton, kemudian catat kalimat atau dialog yang menurutmu membingungkan.

Belajar Bersama Teman/Guru

Ada sebuah ungkapan yang menyatakan bahwa “berdua lebih baik dari sendiri”. Carilah teman yang fasih berbahasa Inggris untuk membantumu belajar. Gunakanlah bahasa Inggris saat berkomunikasi dan diskusikanlah materi-materi bahasa Inggris yang cukup menarik seperti passive voice dan descriptive text.

Nah itu dia cara cepat mahir berbahasa Inggris. Pastikan kamu mencoba tips-tips di atas dan mempraktekkannya, ya!