Fakta yang Belum Kamu Ketahui Tentang Universitas Medan Area

Fakta yang Belum Kamu Ketahui Tentang Universitas Medan Area

Memilih kampus terbaik di Sumut jawabannya tentu hanya satu yaitu Universitas Medan Area (UMA). Gedung kampus berdiri di dua lokasi berbeda yaitu Kampus I Jalan Kolam Nomor 1 Medan Estate dan Kampus II Jalan Setia Budi Nomor 79B. Keduanya merupakan lokasi yang strategis. Selain soal lokasi, masih banyak fakta yang kamu perlu ketahui tentang UMA.

4 Fakta Mengagumkan Tentang UMA yang Kamu Harus Tahu

Mungkin yang kamu ketahui tentang Universitas Medan Area hanya seputar lokasi dan penampakan gedung yang terpampang di website. Namun, UMA memiliki banyak hal yang ditawarkan baik tenaga pengajar, program studi, fasilitas, dan sistem pelayanan. Agar tidak dibilang hoaks, simak empat fakta tentang UMA berikut ini:

  1. Merupakan Kampus Terbaik

UMA selalu mengutamakan mutu institusi sehingga mampu menjadi kampus yang terbaik di Kota Medan. Terbukti dengan adanya 5 program studi bergengsi dan berprospek bagus yang mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT. Daftar prodi tersebut antara lain S1 Agribisnis, S1 Manajemen, S1 Ilmu Administrasi Negara, S1 Ilmu Komunikasi, dan S2 Agribisnis.

Sedangkan program studi lain tidak kalah bagusnya dengan rata-rata akreditasi B. UMA memiliki jumlah dosen yang sangat memadai dan sudah bergelar doktor hingga profesor. Para dosen UMA sudah profesional, ahli di bidang masing-masing dan memiliki sertifikasi dosen (SERDOS). Sehingga lulusan yang dicetak pun berkualitas. Terlebih lagi alumni UMA kerap memiliki komunitas yang kuat.

  1. Memiliki Perpustakaan yang Terbaik

Tidak hanya program studi, akreditasi A juga diberikan untuk perpustakaan milik Universitas Medan Area. Gedungnya luas, megah dan memiliki koleksi buku serta fasilitas penunjang yang lengkap. Menjadikan kampus terbaik di Sumut tersebut memiliki atmosfer belajar yang kental dan nyaman. Kamu akan betah menghabiskan di perpustakaan untuk belajar atau mengerjakan tugas.

  1. Memiliki Banyak Fasilitas Unggulan

Sebagai kampus terbaik di Medan, sudah tentu UMA menyediakan fasilitas unggulan yang lengkap bagi para mahasiswa. Beberapa dari fasilitas tersebut bahkan menjadi yang terbaik, berikut daftarnya:

  • Pusat studi Islam yang menjadi media penyebaran dakwah;
  • Biro konsultasi Psikolog, Hukum, dan Innotech Design;
  • Masjid Kampus yang besar dan megah;
  • Asrama mahasiswa dengan fasilitas lengkap, memadai, dan terbaik seantero Sumatera Utara;
  • Taman Hutan Raya yang tiada tandingannya di Sumatera Utara;
  • Fasilitas olahraga yang lengkap;
  • Bus kampus;
  • Gelanggang mahasiswa yang mampu menampung berbagai kegiatan mahasiswa dan dapat dimanfaatkan untuk beragam event;
  • Kebun yang digunakan sebagai lahan percobaan mahasiswa;
  • Gedung perkuliahan yang bersih dan nyaman untuk belajar.
  1. Memiliki Aplikasi Pembayaran Online

UMA memberikan kemudahan dalam hal pembayaran dengan melaksanakan sistem serba digital. Setiap mahasiswa dapat mengunduh Aplikasi Pembayaran Online Universitas Medan Area atau APIK. Tujuannya adalah untuk melakukan pembayaran uang semester secara online, mengecek biaya lain yang mungkin belum dilunasi, dan melakukan pencetakan kuitansi pembayaran.

Mahasiswa cukup membuat akun menggunakan NIM dan password. Biaya uang kuliah, tunggakan, dan bahkan biaya praktikum lengkap tersedia serta bisa diakses kapan saja. Selain itu, bagi mahasiswa tingkat akhir dapat menggunakan aplikasi SIBAS yaitu Sistem Informasi Pembayaran Seminar/Sidang. Karena serba online, jadi mahasiswa cukup mengaksesnya dari gadget masing-masing.

Bagi para calon mahasiswa, semakin tertarik dengan kampus terbaik di Medan tersebut? Dijamin pasti jawabannya adalah ‘tentu saja’. Tidak mengherankan sebab kamu akan mendapatkan banyak fasilitas unggulan yang dapat menunjang kegiatan belajar selama di kampus. Baik itu belajar secara mandiri maupun di kelas. Selain akademik, UMA juga menyediakan fasilitas yang menunjang bidang non-akademik.

shares