Hangul Itu Gampang, kok! Intip 5 Faktanya!

Hangul Itu Gampang, kok! Intip 5 Faktanya!

Bagi penyuka K-Drama dan K-Pop, kamu pastinya sudah tidak asing lagi dengan aksara Korea yang disebut dengan hangeul. Hangeul sendiri bisa dibilang hal yang pertama yang harus kamu pelajari ketika ingin menguasai bahasa Korea.

Meskipun tampak rumit, nyatanya belajar hangeul tidak sesulit yang dibayangkan oleh banyak orang. Berbeda dengan hanzi dari Tiongkok atau kanji dari Jepang yang memiliki filosofi lukisan tertentu, penggunaan hangeul sebenarnya tidak berbeda jauh dengan alfabet biasa.

1. Huruf yang dibaca dengan digabungkan

Tidak seperti kanji dan hanzi, penggunaan hangeul terbilang mudah karena hangeul adalah satu alfabet. Untuk menggunakannya, hangul harus digabungkan dengan alfabet lainnya.

2. Terdiri dari 28 huruf

Ada 28 huruf hangul dan saat ini hanya 24 yang digunakan. Huruf-huruf ini terdiri dari cho’song (awal konsonan), chunsung (huruf vokal), dan chongsong (akhiran konsonan).

3. Bentuk didominasi garis dan lingkaran

Hangul terbilang mudah untuk dipelajari karena masing-masing hurufnya berbentuk garis-garis dan lingkaran. Kamu tidak akan dipusingkan dengan bentuk huruf yang rumit.

4. Dibuat oleh Raja Sejong

Hangul dibuat oleh Raja Sejong pada tahun 1443 sebagai ganti penggunaan karakter dari Tiongkok yang penggunaannya membingungkan.

5. Latar belakang hangeul

Alasan penciptaan hangeul adalah untuk mempermudah komunikasi masyarakat Korea sehingga semua orang bisa membaca.

6. Hari Hangeul

Pada tahun 1945, pemerintah Korea mengumumkan bahwa tanggal 9 Oktober ditetapkan sebagai Hari Hangeul mengikuti hari diperkenalkannya aksara tersebut.

7. Patung Raja Sejong

Patung perunggu setinggi 6,2 meter sebagai penghormatan untuk Raja Sejong pun dibangun di Gwanghwamun Plaza, Seoul.

Fakta-fakta di atas membuktikan bahwa kamu tidak perlu takut untuk mempelajari hangul dan bahasa Korea. Saat ini sudah banyak pilihan kursus bahasa Korea online yang bisa kamu ambil untuk mempelajarinya.

Selain itu, sudah tersedia pula berbagai aplikasi belajar bahasa yang bisa membantumu untuk belajar bahasa Korea secara mandiri. Selamat mencoba!