Jangan Tunggu Hujan, Lakukan Perbaikan Atap Bocor Sebelum Terlambat

Jangan Tunggu Hujan, Lakukan Perbaikan Atap Bocor Sebelum Terlambat

Musim hujan memang sudah identik dengan bocornya atap rumah. Mulai dari yang disebabkan genteng yang sudah rusak atau karena genteng yang bergeser dari tempatnya. Bocornya atap tak hanya menyebabkan masuknya air, namun bekas genangan air di langit-langit pun tak sedap dipandang. Maka dari itu, sebelum hujan datang lakukan 5 cara perbaikan atap bocor ini.

  1. Ganti Genteng yang Rusak dengan yang Baru

Solusi atap bocor yang paling direkomendasikan tentu saja adalah mengganti genteng yang rusak dengan yang baru. Jika ada genteng Anda yang mengalami keretakan, baiknya jangan dibiarkan saja, lebih baik diganti baru agar tak jadi sumber kebocoran. Begitu pun dengan atap seng yang telah berkarat dan cenderung rapuh, yang cenderung menjadi sumber bocor.

  1. Letakkan Genteng yang Bergeser ke Tempatnya Semula

Kebocoran atap tak melulu disebabkan oleh genteng atau seng yang rusak. Banyak kebocoran terjadi karena bergesernya genteng dari tempatnya semula, sehingga terbentuk celah yang jadi tempat masuknya air ke dalam rumah. Maka dari itu, cek dulu keadaan genteng apakah ada yang bergeser, jika ada maka letakkanlah genteng ke posisinya semula.

  1. Bersihkan Saluran Air dari Tumpukan Dedaunan Gugur

Tahukah Anda kalau tumpukan dedaunan gugur di atap bisa menjadi salah satu penyebab kebocorannya? Dedaunan gugur yang telah menumpuk tersebut membuat saluran air jadi tersumbat, alhasil air menjadi tergenang di atap dan kebocoran pun terjadi. Maka dari itu, sebagai bentuk antisipasinya, rutinlah membersihkan atap rumah dari tumpukan daun ini.

  1. Manfaatkan Water Proofing untuk Melapisi Atap

Jika Anda merasa genteng yang Anda miliki masih bagus walau ada kebocoran, maka manfaatkanlah water proofing. Water proofing bisa Anda manfaatkan untuk menambal kebocoran yang terjadi pada genteng tersebut. Water proofing merupakan cairan anti air, yang dapat mencegah merembesnya air ke genteng saat hujan turun.

Perlu diingat bahwa water proofing yang telah Anda gunakan untuk melapisi atap, bisa saja mengelupas karena telah lama digunakan. Maka dari itu, ada baiknya Anda memantau dengan rutin apakah terjadi pengelupasan pada Water proofing sehingga terjadi kebocoran. Anda bisa menanyakan pada si penjual, berapa kisaran waktu water proofing bisa bertahan.

  1. Gunakan Semen untuk Mengatasi Kebocoran

Selain dengan menggunakan water proofing, Anda pun bisa memanfaatkan semen untuk melapisi kebocoran yang terjadi pada atap. Caranya pun juga terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu menemukan lokasi kebocoran pada atap, lalu diberi lubang dengan kedalaman sekitar 2 sentimeter. Pada lubang tersebut, oleskan lem beton lalu isi celah yang retak dengan semen.

Itulah tadi 5 cara yang bisa Anda lakukan sebagai bentuk perbaikan atap bocor. Terjadinya kebocoran pada atap tak serta merta disebabkan oleh genteng atau seng yang telah rusak saja. Ada juga kebocoran yang terjadi karena pergeseran genteng atau tergenangnya air di atap. Maka dari itu, baiknya lakukan pemeriksaan rutin pada atap, untuk mengantisipasi kebocoran tersebut.

shares