Jenis-Jenis Tanah Liat untuk Masker Wajah dan Berbagai Manfaatnya

Tanah Liat untuk Masker Wajah dan Berbagai Manfaatnya

Masker tanah liat atau clay sejak ribuan tahun sudah digunakan sebagai perawatan kecantikan, terutama untuk kulit wajah. Seiring berkembangnya waktu produk masker wajah dari berbagai jenis tanah liat dengan manfaatnya masing-masing. Apa saja jenis tanah liat yang digunakan dan apa saja manfaatnya? Berikut pembahasannya.

Earth Clay

Tanah liat jenis ini cukup terkenal karena fungsinya yang baik untuk mengatasi masalah hiperpigmentasi. Earth clay yang dicampur dengan air dan digunakan sebagai masker mampu meningkatkan sirkulasi kulit wajah.

Anda bisa menggunakan masker ini maksimal satu kali seminggu, namun bagi yang memiliki kulit kering sebaiknya tidak menggunakan earth clay ataupun produk masker untuk wajah yang berbahan dasar earth clay. Pasalnya tanah liat jenis ini dapat memperparah kondisi kulit kering.

Kaolin Clay

Kaolin clay memiliki beberapa warna yang berbeda dengan manfaatnya masing-masing, yaitu putih, kuning dan merah. Tanah liat kaolin yang berwarna putih merupakan jenis yang paling lembut dan baik digunakan pada kulit kering hingga sensitif.

Kaolin clay yang berwarna kuning memiliki daya serap yang lebih baik dan mampu meningkatkan sirkulasi yang akan membuat kulit Anda lebih cerah. Sedangkan kaolin clay merah memiliki daya serap yang paling kuat dibanding dua lainnya. Jenis ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki masalah kulit berminyak.

French Green Clay

Bagi Anda yang ingin wajah yang lebih cerah dan segar, French green clay bisa jadi pilihan Anda. Tanah liat jenis ini memiliki kemampuan mengangkat sel-sel kulit mati, mengencangkan pori-pori serta meningkatkan sirkulasi darah pada daerah wajah.

Rhassoul Clay

Tanah liat selanjutnya adalah rhassoul clay yang dipercaya mampu membersihkan berbagai kotoran secara sempurna, seperti komedo dan minyak. Tanah liat ini umumnya digunakan sebagai masker maupun sebagai sabun yang bisa digunakan sehari-hari dalam dosis kecil.

Bentonite Clay

Tanah liat ini merupakan yang paling banyak digunakan sebagai masker wajah. Masker ini memiliki fungsi yang berbeda dengan jenis tanah liat sebelumnya. Bentonite memiliki berbagai kelebihan, seperti menghilangkan jerawat, mengatasi kulit berminyak, menyerap sisa polutan, bahkan mampu mengatasi masalah kulit yang lebih serius seperti psoriasis dan eksim.

Amazonian White Clay

Jenis tanah liat yang terakhir berasal dari benua Amerika, Amazonian White Clay. Tanah liat jenis ini mampu menghilangkan bakteri, minyak berlebih, sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat kulit dan pori-pori membesar. Selain itu tanah liat jenis ini juga mampu mendetoksifikasi kulit.

Itulah berbagai jenis tanah liat yang umum digunakan untuk masker wajah. Jika Anda tertarik dengan masker tanah liat, Anda bisa mencoba Kiehl’s Rare Earth Deep Pore Cleansing Masque yang terbuat dari Amazonian white clay dan Bentonite clay. Selain itu terdapat pula kandungan lidah buaya yang mampu melembutkan, menenangkan dan menghaluskan kulit.

shares