Manfaat Konsumsi Mineral Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Konsumsi Mineral Bagi Kesehatan Tubuh

Apabila anda mengonsumsi makanan, anda memilih makanan mengenyangkan atau bernutrisi? Kebanyakan orang akan memilih mengkonsumsi makanan yang mengenyangkan dibandingkan bernutrisi. Namun, ada baiknya anda mempertimbangkan pilihan anda. Dimana makanan bernutrisi lebih baik untuk tubuh anda dibandingkan dengan makanan mengenyangkan. Makanan bernutrisi akan mendukung kebutuhan energi anda dan juga akan menyehatkan anda.

Makanan bernutrisi merupakan makanan yang mengandung nutrisi harian tubuh. Dimana nutrisi yang diperlukan tubuh dibedakan menjadi nutrisi mikro dan makro. Nutrisi mikro kerap diabaikan begitu saja kehadirannya. Padahal nutrisi mikro akan menunjang kesehatan tubuh dalam beraktivitas. Komponen dalam nutrisi mikro adalah mineral, vitamin dan serat. Komponen ini biasanya ditemukan dalam sayuran dan lauk pauk yang dikonsumsi harian oleh masyarakat.

Mineral merupakan senyawa anorganik yang dibutuhkan tubuh dalam menunjang keseimbangan dalam tubuh untuk beraktivitas. Mineral sendiri tersedia dalam beragam jenis dan bentuk yang disesuaikan dengan sumber mineral mereka. Makanan yang kaya akan sumber mineral biasanya disediakan oleh sayuran, buah – buahan dan juga makanan laut. Ketiga jenis sumber mineral ini kadang tidak dikonsumsi harian oleh sebagian orang. Hal ini akan menyebabkan ketimpangan dalam tubuh hingga menyebabkan penyakit.

Dalam mendukung kegiatan konsumsi sumber mineral yang baik dan juga sesuai takaran, kami akan ulas beberapa manfaat konsumsi mineral yang dilakukan oleh tubuh :

  1.     Mineral fosfor dan kalsium mendukung pembentukan tulang dan gigi
  2.     Mendukung efektivitas fungsi otak
  3.     Zat besi sebagai komponen pembentukan sel darah merah
  4.     Berperan dalam metabolisme dalam tubuh sebagai katalis untuk enzim
  5.     Menyeimbangkan pH dalam tubuh

Manfaat – manfaat mineral diatas merupakan beberapa manfaat yang penting bagi tubuh. Bayangkan saja jika konsumsi mineral harian anda tidak tercukupi maka anda akan melewatkan beberapa manfaat ini sehingga akan mengganggu proses dalam tubuh anda. Konsumsi makanan kaya akan sumber mineral sangat diperlukan setiap hari untuk menunjang beragam manfaat dalam tubuh tersebut. Terutama ketika masa pertumbuhan anak berlangsung.

Ada banyak sekali makanan yang masuk kedalam makanan sumber mineral yang kaya. Dimana memasukkan makanan yang merupakan sumber mineral dalam konsumsi harian anda akan menunjang kesehatan tubuh anda. Ragam makanan yang kaya akan sumber mineral adalah :

  1.     Makanan laut seperti kerang dan kepiting
  2.     Susu dan produk olahannya yakni yogurt serta ragam keju
  3.     Sayuran hijau
  4.     Buah – buahan tropis seperti manga dan nangka
  5.     Kacang – kacangan

Ragam makanan yang disebutkan kaya akan sumber mineral yang penting bagi tubuh. Makanan tersebut dapat disajikan sebagai snack ataupun lauk ketika makan. Bahkan konsumsi makanan diatas selain kaya akan sumber mineral juga dapat menunjang kebutuhan makronutrien.