Manfaat yang Dapat Diberikan kepada Si Kecil dengan Mengikutkan Les Anak

Manfaat yang Dapat Diberikan kepada Si Kecil dengan Mengikutkan Les Anak

Ada berbagai macam cara untuk belajar, salah satunya adalah dengan memberikan pendidikan privat maupun les kepada anak Anda. Berbeda dengan belajar di sekolah, les anak biasanya lebih bersifat pribadi dan lebih fokus kepada satu kegiatan belajar. Misalnya, les belajar matematika, les piano, les berenang dan lain sebagainya. Rupanya, jika diberikan dengan porsi yang cukup, les memiliki banyak manfaat untuk anak. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari ikut les anak.

Berbagai Macam Manfaat Les untuk Anak

Bagi yang masih ragu-ragu ingin memberikan les atau tidak pada anak, coba ketahui dulu beberapa manfaat les untuk anak berikut ini.

  1. Les dapat meningkatkan kemampuan akademik maupun non akademik

Les bukan hanya terbatas pada hal-hal akademik, tetapi juga merambah pada hal-hal non akademik. Misalnya, les gambar bagi yang suka menggambar, les masak untuk yang ingin lebih pandai memasak. Intinya, les dapat memberikan peningkatan kemampuan pada anak secara signifikan karena biasanya cara belajarnya berbeda dengan sewaktu di sekolah. Beberapa anak merasa lebih nyaman dengan belajar karena les. Biasanya karena faktor pengajar, maupun cara yang diterapkan dalam pembelajaran sehingga membuat anak lebih mudah menangkap apa yang disampaikan.

  1. Waktu belajar yang fleksibel membuat anak tidak terbebani

Sekolah memiliki jam pasti dalam belajar. Misalnya, anak harus belajar mulai pukul 7 sampai 3 sore. Ketika tidak hadir untuk belajar, ada sanksi yang menanti. Bisa berupa pemberian poin, hukuman tertentu, dan lain-lain. Berbeda dengan les, terutama les privat, yang memiliki waktu belajar fleksibel dan tidak begitu mengikat. Anak bisa belajar di jam-jam yang memang dia inginkan dengan porsi belajar yang tidak terlalu besar. Selain itu, ketika tidak hadir dalam les pun tidak ada yang akan memberi sanksi, sehingga anak merasa lebih nyaman.

  1. Anak lebih fokus belajar

Les biasanya dilakukan dengan jumlah murid yang lebih sedikit dibanding di sekolahan. Di tempat bimbingan belajar, terkadang murid tidak sampai 20 orang, dengan pengajar yang akrab dan seperti teman bagi murid-muridnya. Les privat apalagi, satu guru untuk satu anak. Hal ini membuat anak lebih fokus dalam menerima apa yang disampaikan. Saat anak tidak mengerti dengan pelajaran pun, lebih cenderung berani bertanya daripada ketika berada di sekolah. Secara tidak sadar, hal ini membuat peningkatan besar dalam belajar anak.

  1. Orang tua lebih mudah memantau anak

Dalam lembaga bimbingan belajar maupun les privat, biasanya pengajar maupun staff akan lebih terbuka kepada orang tua. Pengajar dan orang tua dapat berdiskusi mengenai si anak, sehingga orang tua dapat lebih mudah memantau perkembangan anak.

Les anak memang bukan hal yang wajib dilakukan, tetapi manfaatnya yang besar membuat para orang tua sangat terbantu dengan adanya les. Terlebih, jika les tersebut dapat mengeluarkan potensi terbesar si anak secara maksimal.