Penyebab Nyeri Punggung Bawah dan Cara Mengatasinya

Penyebab Nyeri Punggung Bawah dan Cara Mengatasinya

Penyebab nyeri punggung bawah perlu anda waspadai. Sebab, barangkali penyebabnya adalah sesuatu yang sederhana atau sepele. Nyeri pada bagian punggung bawah bisa terjadi kapan dan dimana saja.

Sehingga ketika sudah merasa nyeri, maka harus segera diatasi dengan mendapat perawatan. Nyeri punggung kemungkinan besar bisa terjadi karena beberapa hal. Mulai dari riwayat kecelakaan yang pernah dialami dan yang lainnya.

Rasa nyeri yang hanya dibiarkan dapat merambah ke bagian tubuh lainnya. Seperti bagian atas, kemudian ke bawah pada bagian paha, lalu bagian kaki. Bahkan seluruh tubuh juga bisa merasa nyeri.

Apa Penyebab Nyeri Punggung Bawah?

Ketika anda sudah merasa nyeri pada bagian punggung bawah, maka jangan tunggu sampai nyeri tersebut menyebar. Ada beberapa penyebab sakit punggung yang bisa anda ketahui dan waspadai. Berikut ini beberapa penyebab dari nyeri punggung.

  1. Seringnya Posisi Duduk

Salah satu penyebab yang sangat sederhana adalah terlalu banyak duduk. Penyebab yang satu ini sangat mempengaruhi kesehatan tulang punggung. Biasanya hal ini terjadi pada para pekerja dan programmer.

Kebanyakan dari mereka akan menghabiskan waktu dengan duduk sembari bekerja. Meskipun kursi yang digunakan terbilang nyaman, namun tetap saja menjadi faktor nyeri punggung.

  1. Aktivitas Merokok

Anda merasa nyeri pada punggung bagian bawah?  Bisa jadi hal ini ada hubungannya dengan kebiasaan merokok. Ternyata seringnya aktivitas merokok hingga menjadi kebiasaan dapat mempengaruhi kesehatan punggung bagian bawah.

Aliran darah dapat terhambat karena adanya kandungan monoksida dan nikotin. Aliran darah yang seharusnya mengalir ke punggung bagian bawah menjadi terhambat. Hal inilah yang menjadi penyebab sakit nyeri punggung bawah.

  1. Jarang Berolahraga

Penyebab yang selanjutnya adalah jarang berolahraga. Selain itu, keseringan membawa beban berat juga sangat mempengaruhi kesehatan punggung bagian bawah.

Ketika tubuh jarang berolahraga, maka otot-otot akan sangat kaku. Kemudian beraktivitas untuk mengangkat beban berat, otot punggung akan terkejut dan mengalami cedera.

  1. Usia Lanjut dan Sakit Punggung Bawaan

Usia lanjut dan memiliki sakit panggung bawaan merupakan penyebab nyeri punggung bawah. Ketika usia sudah mencapai angka 30-an ke atas, maka tulang semakin rapuh. Aktivitas-aktivitas biasa terasa lebih berat.

Sama halnya dengan orang yang sudah memiliki penyakit bawaan. Nyeri punggung biasa saja terjadi saat masih remaja. Kemudian saat tua penyakit tersebut masih kambuh dan menjadi penyakit bawaan.

  1. Pengeroposan Tulang Belakang

Penyebab nyeri punggung bawah yang selanjutnya adalah pengeroposan tulang belakang. Pengeroposan atau osteoporosis membuat punggung merasa nyeri. Jika punggung merasa nyeri, maka penopang tubuh akan menjadi lemah.

  1. Batu Ginjal

Batu ginjal merupakan penyakit yang membuat punggung merasa sakit. Gangguan batu ginjal membuat rasa nyeri menjalar ke bagian punggung. Nyeri yang ditimbulkan sangat tajam dan pegal.

Cara Mengatasi Rasa Nyeri pada Punggung Bagian Bawah

Ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mengatasi rasa nyeri. Diantaranya adalah rajin berolahraga seperti jalan kaki, berenang, atau bisa juga menjalankan yoga.

Cara selanjutnya adalah mengurangi berat badan. Menurunkan berat badan merupakan cara yang tepat untuk mengurangi rasa nyeri pada bagian bawah. Cara selanjutnya adalah mengurangi aktivitas merokok.

Akan lebih baik jika anda tidak perlu merokok. Sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan tidak rawan penyakit. Menjauhi stress juga dapat meminimalisir rasa nyeri pada punggung.

Penyebab nyeri punggung bawah bisa anda atasi dengan beberapa cara diatas. Apabila sakit nyeri punggung bawah semakin parah, maka segera konsultasikan dengan dokter.

shares