Presbiopia, Penyakit Pada Mata

Presbiopia, Penyakit Pada Mata

Presbiopia adalah hilangnya kemampuan mata untuk berfokus pada benda berjarak dekat. Umumnya terjadi seiring bertambahnya usia. Presbiopi yang ditandai dengan kesulitan membaca tulisan yang kecil di jarak pandang tertentu ini mulai dirasakan  sekitar usia 40 tahun ke atas. Umumnya disadari ketika mereka mulai kesulitan melihat cetakan kecil dengan jelas termasuk pesan teks di ponsel mereka.

Anda tidak bisa lepas dari presbiopia, bahkan jika Anda belum pernah memiliki masalah penglihatan sebelumnya. Bahkan orang-orang akan melihat bahwa penglihatan mereka kabur ketika mereka mengenakan kacamata atau lensa kontak biasa untuk memperbaiki penglihatan jarak. Lensa mata menegang seiring bertambahnya usia, sehingga kurang bisa fokus ketika Anda melihat sesuatu dari dekat. Para peneliti memperkirakan bahwa hampir 2 miliar orang di seluruh dunia menderita presbiopia.

Walaupun presbiopia adalah perubahan normal pada mata kita seiring bertambahnya usia, ini sering merupakan peristiwa yang signifikan dan emosional karena merupakan tanda penuaan yang tidak mungkin diabaikan dan sulit disembunyikan.

Gejala presbiopia

Ketika seseorang menjadi memiliki mata presbiobik, mereka harus memegang ponsel ataupun benda-benda lainnya seperti buku, majalah, menu, selebaran dan sebagainya dengan jarak lebih jauh dari mata Anda untuk melihatnya lebih jelas.

Sayangnya, ketika Anda memindahkan benda lebih jauh dari mata Anda ukurannya semakin kecil, jadi ini hanya solusi sementara dan sebagian sukses untuk presbiopia.

Jika Anda masih dapat melihat objek dekat dengan cukup baik, presbiopia dapat menyebabkan sakit kepala, ketegangan mata dan kelelahan visual yang membuat tugas membaca dan penglihatan dekat lainnya menjadi kurang nyaman dan lebih melelahkan.

Apa Penyebab Presbiopia ?

Lensa bening Anda berada di dalam mata di belakang iris berwarna. Itu berubah bentuk untuk memfokuskan cahaya ke retina sehingga Anda bisa melihat. Saat Anda muda, lensanya lembut dan fleksibel, bentuknya mudah berubah. Ini memungkinkan Anda fokus pada objek jarak dekat dan jauh. Setelah usia 40, lensa menjadi lebih kaku. Itu tidak dapat mengubah bentuk dengan mudah. Ini membuatnya akan lebih sulit untuk membaca, memasukkan benang ke lubang jarum, atau melakukan tugas dengan jarak pandang dekat lainnya.

Tidak ada cara untuk menghentikan atau membalikkan proses penuaan normal yang menyebabkan presbiopia. Namun, presbiopia dapat diperbaiki dengan kacamata, lensa kontak atau operasi. Jika Anda tidak memperbaiki presbiopia, Anda mungkin terganggu oleh sakit kepala dan ketegangan mata.

Perawatan presbiopia

  1. Kacamata

Kacamata dengan lensa progresif adalah solusi paling populer untuk presbiopia bagi kebanyakan orang di atas usia 40 tahun. Lensa multifokal bebas garis ini mengembalikan penglihatan yang jelas dan memberikan penglihatan yang sangat baik di semua jarak. Pilihan perawatan presbiopia lainnya adalah kacamata dengan lensa bifocal, tetapi bifokal memberikan jangkauan penglihatan yang lebih terbatas bagi banyak orang dengan presbiopia.

Hal itu juga biasa terjadi pada orang dengan presbiopia. Yakni ketika mereka mereka melihat ke arah benda yang memiliki cahaya. Maka penglihatannya akan menjadi lebih sensitif terhadap cahaya mudah merasa silau.

Lensa Photochromic, yang gelap secara otomatis di bawah sinar matahari, adalah pilihan yang baik untuk alasan ini.

 Dalam memilih jenis kacamata, sebaiknya memilih tidak hanya untuk mengoreksi presbiopia saja, tapi pertimbangkan juga penggunaan lensa yang menyertakan lapisan anti-reflektif.

Lapisan anti-reflektif menghilangkan pantulan yang dapat mengganggu dan menyebabkan ketegangan mata. Ini juga membantu mengurangi silau dan meningkatkan kejernihan visual untuk mengemudi malam hari.

  1. Lensa kontak

Orang dengan presbiopia juga dapat memilih lensa kontak multifokal, tersedia dalam bahan permeabel gas atau lensa lunak. Jenis lain dari koreksi lensa kontak untuk presbiopia adalah monovision, di mana satu mata memakai resep jarak, dan yang lain memakai resep untuk penglihatan dekat. Otak manusia akan beradaptasi untuk menggunakan masing-masing mata untuk tugas yang berbeda.

Meskipun beberapa orang merasa puas dengan solusi ini, namun sebagian lainnya mengeluhkan ketajaman visual mereka yang berkurang. Dan beberapa lainnya kehilangan persepsi kedalaman. Karena mata manusia berubah seiring bertambahnya usia, kacamata presbiopia atau resep kontak Anda perlu ditingkatkan seiring berjalannya waktu. Anda dapat mengharapkan dokter mata meresepkan koreksi yang lebih kuat untuk pekerjaan yang dekat saat Anda membutuhkannya.

  1. Operasi presbiopia

Jika Anda tidak ingin memakai kacamata atau lensa kontak untuk presbiopia, sejumlah opsi bedah untuk merawat presbiopia juga tersedia. Salah satu prosedur koreksi presbiopia yang cukup populer saat ini adalah penggunaan implant inlay kornea. Biasanya ditanamkan dalam kornea mata yang bukan mata dominan Anda, tatahan kornea meningkatkan kedalaman fokus mata yang dirawat dan mengurangi kebutuhan akan kacamata baca tanpa secara signifikan mempengaruhi kualitas penglihatan jarak Anda.

Langkah pertama untuk melihat apakah Anda adalah pasien yang baik untuk operasi presbiopia adalah memiliki pemeriksaan mata yang komprehensif dan konsultasi dengan ahli bedah refraktif yang berspesialisasi dalam koreksi bedah presbiopia.

Sumber :

www.allaboutvision.com

www.aao.org

shares