Rahmad Darmawan Ingin PSSI Benahi Kalender Kompetisi

Rahmad Darmawan Ingin PSSI Benahi Kalender Kompetisi

Berita sepakbola Indonesia terbaru datang dari mantan pelatih tim nasional (timnas) Indonesia, Rahmad Darmawan, yang menyoroti kalender kompetisi di Indonesia dengan kalender FIFA match day. Ia menilai bahwa hal tersebut seharusnya dibenahi oleh Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) terlebih dahulu jika ingin prestasi timnas menjadi lebih baik.

“Saya sering protes terhadap kebijakan pemanggilan pemain timnas dengan waktu lebih lama dari dari ketentuan FIFA match day. Karena saya khawatir pelatih akan melakukan improvisasi program yang saat pemain masuk Training Camp (TC) beban kelelahannya berbeda, karena liga kita main dalam waktu yang tidak tetap seperti Liga Primer Inggris atau La Liga misalnya,” papar RD.

“Contoh, Persebaya main tanggal 1 Januari, TIRA Persikabo tanggal 2 Januari, Bali United tanggal 3 Januari, TC dimulai 4 Januari dan pertandingan 10 Januari. Sebetulnya ada waktu untuk mengatur kondisi ini, tapi kalau program latihan tanggal 4 atau 5 Januari dibuat sama untuk semua pemain dari klub di atas tadi, maka dampaknya bisa berbeda. Yang main tanggal 1 tidak masalah buat intensitas tinggi, tapi yang tanggal 2 dan 3 ada tanding akan jadi masalah,” tambahnya.

“Karena itu kalau TC sesuai FIFA match day H-3 dan H+1 pemain masuk dan keluar, maka pelatih tentu hanya memberi porsi latihan taktik saja dan itu seharusnya buat kualitas pemain timnas di semua negara,” ucapnya menutup pembicaraan.

shares