Servis Mobil Secara Berkala Agar Mobil Suguhkan Performa yang Oke Punya

Servis Mobil Secara Berkala Agar Mobil Suguhkan Performa yang Oke Punya

Servis mobil adalah hal yang mesti Anda lakukan saat Anda memutuskan untuk menjadikan kendaraan roda empat sebagai partner sehari-hari. Meski mobil adalah benda mati tetapi dalam kenyataannya, mobil juga memiliki batas performa. Apabila mobil dipakai terus menerus tanpa adanya perawatan secara berkala, lama kelamaan performanya juga akan menurun dan jika sudah fatal, mobil akan mengalami kerusakan. Tentunya, Anda sebagai pemilik mobil tak mau hal itu terjadi. Maka dari itu, tak ada salahnya Anda tahu kapan Anda harus melakukan service mobil agar nantinya mobil akan tetap menyuguhkan performa handal meski usianya tak muda lagi.

Macam-Macam Service Mobil

Sebelum Anda mengetahui macam service mobil dilihat dari berapa lama pemakaiannya, Anda wajib tahu dulu bahwa kendaraan roda empat diharuskan untuk diservice ketika melampui jarak tempuh tertentu. Tentunya,  servis yang akan diterima juga berbeda tergantung lama pemakaian. Pertama, service pada jarak tempuh 1000 km. Apabila Anda memiliki mobil yang masih baru, Anda wajib tahu ini. Pada saat jarak tempuh mobil sudah berada pada 1000 km, Anda sebaiknya melakukan pengecekan pada mobil. Biasanya, nanti mekanik akan melakukan pengecekan pada oli dan mesinnya. Apakah kondisi mesinnya tidak bermasalah dan kualitasnya olinya masih bagus atau sudah menurun.

Kedua, service mobil ketika jarak tempuhnya sudah melampaui 5000 km. Biasanya, service mobil pada jarak tempuh ini dilakukan oleh mobil yang menggunakan oli semi sintetik atau oli campuran. Ketika Anda membawanya ke bengkel, mekanik akan mengecek keadaan mobil salah satunya yang mesti dicek adalah oli mobilnya. Pada mobil yang jarak tempuhnya sudah 5000 km, mekanik akan segera mengganti oli kendaraan dengan oli yang baru karena jika tidak diganti performa mobil akan menurun, salah satu contohnya adalah gesekan gesekan mobil yang sudah terdengar kasar karena kualitas oli yang sudah tidak bagus.

Ketiga, service mobil pada jarak tempuh 10000 km. Perawatan mobil ini biasanya akan didapatkan oleh mobil yang menggunakan oli full sintetik, yaitu oli yang memiliki pelumas yang bagus. Service yang nantinya akan didapatkan oleh mobil dengan oli full sintetik ini salah satunya adalah ganti oli dan ganti filter oli. Ganti oli akan dilakukan disemua bagian oli mobil, mulai dari oli mesin, oli transmisi, dan oli gardan. Agar penyaringan oli semakin bagus, mekanik juga akan menyarankan pemiliknya untuk mengganti filter olinya. Untuk biaya service berbeda dari satu dan yang lainnya karena service yang dilakukan biasanya bergantung pada merek mobil.

Keempat, service pada jarak tempuh 15000 km. Terkadang pemilik mobil kurang memperhatikan perawatan mobilnya sehingga performa mobilnya akan menurun setiap tahunnya. Padahal, ada yang mesti diperhatikan jika ingin mobil awet yaitu pemilik harus segera service mobil apabila jarak tempuhnya sudah mencapai kelipatan 5000 km. Ketika mobil sudah mencapai jarak tempuh 15000 km, seperti biasa, mobil akan mendapatkan pergantian oli secara berkala demi menjaga performa mobil. Selain itu, mekanik akan melakukan pengecekan pada baut mobil apakah masih bagus atau malah ada yang hilang. Perawatan lain yang dilakukan adalah pengecekan pada air radiator.

Kelima, service mobil pada jarak tempuh 20000 km. Semakin banyak jarak tempuhnya, menandakan bahwa usia mobil juga semakin bertambah. Anda pun sebagai pemilik mobil juga harus semakin memberi perhatian lebih agar mobil tetap nyaman digunakan, bukan malah sebaliknya. Apabila mobil sudah berada pada jarak tempuh ini, service yang akan diterimanya juga semakin detail, mulai dari ganti oli kendaraan, spooring, pengecekan AC, pengecekan air radiator, pengecekan udara, dan pengecekan mobil yang lain. Apabila Anda adalah orang yang rutin merawat mobil, pastilah service yang akan diterima pada mobil yang usianya sekitar setahun ini juga tak sebanyak yang Anda bayangkan.

Sebenarnya, service berkala yang sudah dijelaskan di atas pastilah akan diterima oleh pemilik mobil yang membeli mobilnya dalam keadaan baru. Pada saat Anda membeli mobil bari, Anda juga akan mendapatkan kartu gratis service selama setahun. Gratis service selama setahun ini kira kira juga mulai dari mobil dengan jarak tempuh 1000 km sampai dengan 20000 km. Jadi, Anda pun hanya perlu mengecek kartu service secara rutin karena untuk biaya service masih ditanggung oleh pihak dealer atau sorum.

Tempat Service Mobil Terpercaya

Apabila Anda masih kurang puas dengan tempat service mobil yang biasanya dan berniat mencoba tempat service mobil yang lebih terpercaya, ada salah satu tempat service yang patut Anda coba, yaitu montir.id. Di tempat ini, Anda tak perlu repot membawa mobil ke tempat service karena montir.id menyediakan jasa montir panggilan. Anda tinggal daftar service lewat montir.id, isikan data sesuai dengan mobil, pilih layanan servicenya, maka montir panggilan akan tiba di rumah dengan segera. Demi memuaskan para pelanggannya, montir.id juga sudah memberikan price list harga servicenya dan garansi service selama 3 bulan. Ingin mobil oke, service aja di montir.id mulai sekarang!

shares