Waktu yang Tepat untuk Service AC Mobil

Waktu yang Tepat untuk Service AC Mobil

Service AC mobil adalah salah satu hal yang banyak dilakukan oleh pemilik mobil. Ketika AC rusak, hal tersebut akan sangat mengganggu pengguna mobil tersebut. Apalagi, Indonesia merupakan negara tropis. Ketika bepergian, akan sangat nyaman bila AC dinyalakan. Namun, sayangnya AC mobil sering tidak dirawat dengan benar oleh pemiliknya. Hasilnya, bengkel AC mobil selalu ramai didatangi oleh banyak orang. Jika anda bisa merawat AC mobil dengan benar, tentu saja anda tidak perlu terlalu sering membawa mobil ke bengkel. Anda cukup melakukan beberapa hal berikut agar AC mobil tidak lagi terlalu sering mengalami kerusakan.

Membersihkan AC mobil secara berkala

Bila anda tidak ingin mengeluarkan banyak biaya untuk membenarkan AC mobil yang mengalami kerusakan, lebih baik lakukan hal berikut untuk merawat AC mobil agar tetap berfungsi dengan benar.

  1. Dibersihkan setiap 10.000 km

Beberapa tukang servis atau pemilik bengkel AC memberikan imbauan agar AC mobil selalu dibersihkan ketika mobil sudah melaju sejauh 10.000 km. Jarak ini dianggap oleh sebagian ahli telah menyimpan kotoran di komponen AC mobil. Semakin sering dibersihkan, tentu saja kondisinya akan tetap terjaga. Bila anda tidak rajin membersihkan, akan ada banyak kotoran yang justru menyumbat komponen AC sehingga membuatnya menjadi rusak.

  1. Servis besar setiap 20.000-000 km

Selain membersihkan secara rutin, yaitu sebanyak satu kali selama mobil menempuh jarak 10.000 km, ac mobil juga perlu diservis secara lebih mendalam ketika mobil sudah melaju sejauh 20.000-40.000 km. Beberapa ahli menyebutkan bahwa lebih baik dibersihkan secara menyeluruh ketika mobil sudah bergerak sejauh 30.000 km. Di servis besar ini, beberapa kerusakan yang mungkin terjadi bisa terlihat sehingga anda bisa lebih cepat memberikan pertolongan atau membetulkannya.

  1. 8 – 12 bulan sekali membersihkan komponen

Selain membersihkan dengan dasar berapa jauh mobil berjalan, komponen ac mobil juga lebih baik dibersihkan tiap 8 hingga 12 bulan sekali. Selama periode ini, baik mobil sering digunakan ataupun tidak, ac mobil harus dibersihkan secara menyeluruh. Hal ini dilakukan agar tidak ada komponen rusak yang tertinggal untuk diperbaiki.

  1. Filter kabin diganti tiap 6 bulan sekali

Setiap 6 bulan sekali, lebih baik ganti filter kabin. Filter merupakan komponen yang digunakan untuk menyaring. Bila filter sering diganti, maka udara yang tersaring akan semakin baik sehingga komponen AC yang lain akan awet ketika digunakan.

Beberapa cara di atas bisa langsung anda lakukan untuk merawat AC mobil anda. Merawat AC mobil bisa mendatangkan banyak keuntungan, salah satunya anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk perbaikan. Bayangkan saja, AC mobil yang perlu diperbaiki bisa menghabiskan dana hingga 1 juta rupiah. Lebih baik merawatnya dengan benar, kan?

shares