Faktor dan Penyebab Lidah Berwarna Putih

Faktor dan Penyebab Lidah Berwarna Putih

Lidah adalah merupakan indera perasa dimana terdapat kumpulan otot rangka pada bagian lantai mulut yang tertutupi oleh selaput lendir yang tampak kasar. Selain berfungsi sebagai indera perasa, lidah juga berfungsi sebagai alat komunikasi, mengunyah dan menelan makanan. Dengan fungsinya yang vital bagi kita, kesehatan lidah sangat penting untuk tubuh. Kesehatan lidah dapat ditunjukkan oleh kondisi warna lidah. Lidah yang sehat berwarna merah muda dengan lapisan tipis di atasnya. Tetapi jika lidah berwarna putih yang cukup tebal atau bercak putih di lidah, anda perlu mengetahui penyebab dan mengetahui cara mengatasi lidah putih.

Dilansir dari healthline, kondisi lidah berwarna putih seringkali berhubungan dengan kesehatan mulut, dimana lidah akan menjadi putih saat benjolan kecil atau papila yang melengkung membengkak hingga kemudian meradang. Hal ini bisa menyebabkan bakteri, jamur, kotoran, makanan dan sel mati semuanya bisa terjebak di antara papila yang besar, sehingga lidah menjadi berwarna putih.

Beberapa Faktor Penyebab Lidah Putih

Penyebab lidah menjadi berwarna putih diantaranya adalah

  • Jarang menyikat gigi dan melakukan flossing
  • Dehidrasi
  • Bernafas melalui mulut
  • Mulut kering
  • Iritasi akibat gigi yang tajam atau alat pembersih gigi
  • Banyak mengkonsumsi makanan yang lunak
  • Mengkonsumsi alkohol berlebihan
  • Merokok dan mengunyah tembakau
  • Demam

Penyebab Lidah Berwarna Putih

Beberapa hal yang dapat menyebabkan lidah berwarna putih selain faktor di atas adalah sebagai berikut :

1. Sifilis

Sifilis merupakan penyakit kelamin yang bisa menyebabkan luka di mulut, karena penularan yang disebabkan oleh infeksi bakteri treponema pallidium, dimana terjadinya kontak dengan orang yang terinfeksi saat melakukan aktivitas seksual. Jika sifilis tidak diobati maka bercak putih yng disebut lekoplakia sifilis bisa menjadi penyebab terjadinya lidah berwarna putih.

2. Leukoplakia

Leukoplakia yaitu kondisi di mana menyebabkan bercak putih di pipi bagian dalam, sepanjang gusi dan terkadang di bagian lidah. Hal ini dapat diakibatkan oleh merokok, mengkonsumsi alkohol, dan mengunyah tembakau. Pada umumnya kondisi ini tidak berbahaya, namun terdapat dalam kasus yang jarang terjadi jika kondisi ini dapat mengakibatkan kanker mulut.

3. Oral Lichen Planus

Kondisi ini menandai adanya masalah pada sistem kekebalan tubuh, sehingga tidak dapat menghindari terjadinya bercak putih pada mulut dan lidah. Hal ini juga dapat menyebabkan gusi terasa sakit, dan kemungkinan akan menyebabkan luka di sepanjang lapisan dalam mulut cukup tinggi.

4. Oral thrush

Oral trush merupakan infeksi mulut yang disebabkan oleh jamur candida, dan pada umumnya menyerang lebih banyak kepada wanita dari pada pria. Penderita diabetes, kekurangan zat besi atau vitamin B, memakai gigi palsu, dan memiliki sistem tubuh yang lemah karena menderita penyakit tertentu adalah yang beresiko terkena oral thrush.

5. Geogrhapic tongue

Kondisi ini menandai peradangan pada lidah, tidak berbahaya, namun dapat mempengaruhi pada permukaan lidah. Lidah yang sehat permukaannya ditutupi oleh papilla berwarna merah muda, sedangkan pada geogrhapic tongue sebagian lidah akan terlihat seperti bercak yang tidak berpapilla karena terlihat mulus dan licin dengn garis putih disekitarnya.

6. Kanker mulut

Kondisi ini terjadi saat sel bibir atau mulut mengalami mutasi DNA, dimana memungkinkan sel kanker untuk terus tumbuh dan membelah saat sel sehat akan mati.

7. Kanker lidah

Kanker lidah merupakan bentuk kanker yang dimulai dari sel sel lidah. Gejala yang ditimbukan dari kondisi ini pada lidah putih adalah susah menelan, nyeri di daerah terinfeksi yang tak sembuh-sembuh, berat badan menurun, adanya bercak merah dan putih di lidah,  dan nyeri pada benjolan di lidah.