Gaji Pas-pasan? Coba Buka Usaha Sampingan Ini

Coba Buka Usaha Sampingan Ini

Meski patut dibanggakan, jadi karyawan sering dilema juga sih kalau penghasilan gak sesuai harapan. Inilah yang menjadi alasan banyak karyawan resign. Nah, Anda jangan gitu ya, siapa tahu kantor baru justru gak sesuai dengan ekspektasi Anda lho.

Lantas bagaimana caranya agar penghasilan bisa terus bertambah?

Usaha sampingan dong! Simak yuk lima peluang usaha sampingan karyawan yang tidak membutuhkan modal besar, mengutip dari situs perbandingan keuangan HaloMoney.co.id.

  1. Reseller” baju dan aksesoris

Mulai aja dulu dari bisnis modal kecil! Jadi, Anda tinggal menawarkan barang-barang dari orang lain melalui sosial media atau e-commerce. Baju dan aksesoris menjadi barang yang paling laris dijual secara online, tapi bisa juga kok jual makanan, minuman kemasan, atau peralatan rumah tangga. Biar gak ganggu pekerjaan, update barang dagang dan balas chat dari pembeli sebelum berangkat kantor, di jam makan siang, dan sepulang kantor aja ya.

  1. Usaha titip sarapan dan makan siang

Tak hanya sarapan, tapi Anda juga bisa menawarkan jasa usaha titip makan siang karena biasanya karyawan juga malas keluar kantor untuk mencari makan siang kan. Kerjasama dengan catering berpeluang kasih Anda diskon lho. Komisi yang didapat kisarannya dari 5-10 persen tergantung dari masing-masing tempat makan.

  1. Bisnis MLM

Siapa bilang bisnis MLM (Multi Level Marketing) sudah tidak terkenal? Bisnis MLM merupakan bisnis yang cara pemasarannya berjenjang. Penjualan dari barang yang Anda jual akan diberikan komisi. Selain itu, penjualan dari orang yang menjadi rekrutan juga akan menyumbangkan komisi. Semakin banyak rekrutan, semakin tinggi nilai komisi yang akan Anda dapat. Bisnis MLM ini sering dianggap negatif karena rentan penipuan. Padahal, ada banyak bisnis MLM terpercaya yang bisa Anda ikuti seperti Oriflame, Tupperware, Sophie Martin, Herbalife.

  1. Broker properti dan kendaraan

Carilah perusahaan agen properti yang menerima agen lepas sehingga Anda bisa menjadi broker properti tanpa perlu meninggalkan status karyawan. Jumlah komisinya 1-5 persen dari jumlah transaksi penjualan. Bayangin kalau laku jual rumah seharga Rp 500.000.000, maka komisinya Rp 500.000.000 x 1 persen = Rp 5.000.000. Mantap kan? Selain properti, Anda juga bisa menjadi broker kendaraan lho.

  1. Buka usaha jasa sesuai keahlian

Manfaatkan keahlian yang Anda miliki untuk bisa dijadikan sebagai peluang usaha sampingan karyawan. Beberapa usaha jasa yang mengandalkan keahlian seperti jasa penerjemah, les privat, desain grafis, melatih menulis, mengedit naskah, dan membuat blog dan website.