Perkembangan Janin Usia 34 Minggu

Perkembangan Janin Usia 34 Minggu

Perkembangan janin usia 34 minggu tidak berkembang terlalu pesat seperti pada masa awal kehamilan. Namun perkembangan yang terjadi sangatlah penting yang dapat dipahami. Beberapa minggu lagi janin juga akan lahir menjadi bayi yang sehat membawakan kebahagiaan untuk ibu. Sebagai calon ibu, tidak ada salahnya memahami dan mengetahui perkembangan janin setiap minggu hingga melahirkan.

Perkembangan janin biasanya selalu sama dari setiap ibu namun ini bisa juga berbeda misalnya lebih cepat atau lambat. Perkembangan janin bergantung pada nutrisi yang ibu konsumsi. Maka dari itu penting untuk menjaga asupan nutrisi ibu selama masa kehamilan. Perhatikan apa yang dikonsumsi sehari-hari untuk memastikan janin mendapatkan nutrisi yang cukup dari ibu.

Perkembangan Janin 34 Minggu

Janin yang memasuki minggu ke-34 kehamilan memiliki ukuran yang sama dengan melon. Berat badan sekitar 2,15 kg, dan panjang tubuhnya dari kepala sampai kaki sekitar 46 cm.

  1. Posisi janin menentukan metode kelahiran

Pada usia kehamilan ini, pemeriksaan perlu dilakukan oleh dokter yang akan melaporkan apakah kepala bayi sudah turun di bawah atau belum pada usia kehamilan 34 minggu. Ke depannya, keadaan ini akan menjadi masalah yang perlu dipertimbangkan oleh dokter dan ibu dalam memilih metode persalinan.

Selain itu, lapisan lilin putih pada kulit bayi yang disebut “vernix carniosa” juga akan menebal. Pada perkembangan janin usia 34 minggu akan mulai menghilang sama sekali.

  1. Jenis kelamin janin

Pada usia kehamilan 34 minggu, Anda sudah dapat mengetahui jenis kelamin janin di dalam kandungan. Jika anak Anda laki-laki, umumnya testis telah turun dari perut ke skrotum. Terkadang testis bayi laki-laki juga bisa saja belum turun sempurna saat lahir. Namun, ini akan perlahan. Kondisi ini terjadi pada sekitar 30% anak laki-laki setelah lahir. Tak perlu khawatir, karena keadaan ini normal.

  1. Kuku sudah mencapai ujung jari

Pada usia kehamilan 34 minggu, perkembangan kuku janin sudah mencapai ujung jari. Saat lahir, kuku yang agak runcing sudah bisa langsung dirawat.

Penuhi Kebutuhan Nutrisi Anak       

Perkembangan ini dialami oleh hampir seluruh bayi apabila telah mencapai usia 34 minggu pada saat masih menjadi janin. Ibu juga seringkali rutin memeriksakan janin ke dokter kandungan untuk melihat proses perkembangan bayi dan apakah janin tumbuh dengan normal. Memang sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter kandungan agar semua persiapan bisa dilakukan.

Jadi inilah perkembangan janin usia 34 minggu. Ketika bayi sudah lahir, perhatikan asupan nutrisi si kecil dengan pemberian ASI ekslusif yang rutin setiap hari hingga anak tumbuh dewasa dengan sehat. Seiring bertambahnya usia si kecil, berikan susu formula terbaik dari Bebelac sesuai dengan umur si kecil. Susu formula Bebelac mengandung komposisi nutrisi yang dibutuhkan selama masa pertumbuhan anak.