Tetap Sehat, Ikuti 5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Paru Ini!

Tetap Sehat, Ikuti 5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Paru Ini!

Paru-paru merupakan salah satu organ vital karena fungsinya untuk membantu pernapasan. Fungsi paru-paru adalah untuk memasukkan oksigen ke dalam darah dan mengeluarkan karbon dioksida dalam tubuh.

Lantas bila kerja dan fungsi paru-paru terusik, maka akan semakin besar risiko untuk terserang penyakit seperti penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), tuberkulosis, pneumonia, asma, atau bronkitis.

Karena itu, penting bagi kita untuk mulai menjaga kesehatan paru-paru, contohnya dengan berhenti merokok dan juga hindari polusi udara. Kamu bisa mengikuti 5 cara mudah berikut demi menjaga kesehatan paru-paru kamu!

5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Paru

Tentunya kamu harus jeli dalam memperhatikan gejala-gejala yang menandakan penyakit pada paru-paru. Secara umum, gejala ini bisa termasuk merasa sesak napas, batuk yang berkelanjutan, batuk yang mengeluarkan darah dan/atau lendir, mengalami kesulitan bernapas, serta perasaan tidak nyaman saat batuk.

Memang penyakit bisa disembuhkan, namun bila bisa mencegah dengan menjaga kesehatan, mengapa perlu sakit? Yuk, mulai menjaga kesehatan paru-paru kamu dengan melakukan 5 cara berikut.

1. Berhenti Merokok

Merokok menyebabkan berbagai jenis risiko kesehatan, salah satunya adalah penyakit paru-paru. Faktanya, merokok merusak kantung dan saluran udara di dalam paru-paru. Merokok pun menjadi faktor risiko utama dalam kanker paru-paru. Jika kamu merupakan seorang perokok aktif, yuk mulai coba untuk berhenti merokok demi kesehatan kamu sendiri.

2. Terapkan Pola Makan Sehat

Makanan yang sehat bagi paru adalah makanan yang mengandung antioksidan. Antioksidan merupakan komponen tubuh yang membantu melindungi sel-sel tubuh kamu dari molekul berbahaya seperti radikal bebas.

Contoh beberapa makanan yang kaya akan antioksidan adalah dark chocolate, beri-berian (stroberi, Goji berry, raspberry, dan lainnya), sayur-sayuran, dan berbagai jenis kacang-kacangan.

3. Olahraga Rutin

Kebiasaan berolahraga mempunyai berbagai manfaat. Tidak hanya kesehatan untuk paru-paru, kamu juga bisa mengurangi resiko terserang penyakit jantung maupun stroke. Bahkan, jika kamu rajin melakukan aktivitas fisik, maka kamu juga bisa mendapat manfaat lebih untuk kesehatan mental, kualitas sistem pernapasan, dan juga kualitas tidur.

4. Rutin Medical Check-Up

Bila kamu mempunyai kondisi finansial yang baik, tak ada salahnya menjalani pemeriksaan kesehatan setiap tahun. Dengan begitu, kamu bisa mendeteksi dini bila memang ada penyakit paru-paru. Dengan begitu, kamu pun bisa lebih cepat mengatasi dan kamu dapat menghindari risiko penyakit menjadi ganas atau mengakibatkan komplikasi.

5. Jangan Lupa Cuci Tangan!

Kebiasaan mencuci tangan dapat membantu kesehatan secara umum. Nyatanya banyak gangguan paru-paru, seperti flu dan COVID-19, yang dapat dicegah dengan mencuci tangan.

Cegah dan Antisipasi Penyakit

Daripada mengobati, tentunya lebih baik mencegah sejak sekarang dengan gaya hidup yang lebih sehat. Namun, ada saat dimana kita sudah mencegah sebaik mungkin dan tetap terserang risiko penyakit. Karena itu, tidak ada salahnya bagi kamu untuk mengantisipasi penyakit dengan perlindungan asuransi.

Kamu bisa melindungi diri dari risiko penyakit dengan asuransi penyakit kritis ataupun asuransi kesehatan keluarga terkini. Melalui Super You by Sequis Online, kamu bisa mendapatkan perlindungan asuransi hingga ratusan juta, hanya mulai dari Rp28.500 saja per bulan lho!