Tips mengemukan badan secara sehat dan efektif

Tips mengemukan badan secara sehat dan efektif

Mungkin banyak orang beranggapan bahwa menurunkan berat badan adalah langkah yang cukup sulit . Bahkan diet ketat yang di lakukan tidak   memberikan hasil yang maksimal. Namun yang perlu di ketahui, sebaliknya juga begitu. Proses menaikan berat badan, bukanlah hal yang mudah.

Untuk itu, orang – orang yang memiliki tubuh kurus dan kekurang berat badan biasanya juga membutuhkan usaha untuk mendapatkan berat yang dirasa ideal. Terlebih seperti yang sudah diketahui bersama, kekurangan berat badan bisa memicu masalah kesehatan, seperi anemia, mudah lelah dan lain sebagainya.

Proses mengemukan berat badan juga sebaiknya tidak di lakukan dengan cara instan. Pastikan untuk melakukannya dengan cara yang sehat dan efekti. Pikiran metode dengan baik. Jangan lupa untuk mencari tau juga tentang cara menghitung kalori harian, ini cukup penting. Karena menambahkan asupan kalori merupakan hal yang harus di lakukan oleh seseorang jika ingin menambah berat badan.

Untuk setiap orang, asupan kalori yang di butuhkan berbeda – beda. Sementara jika anda sedang melakukan program mengemukan badan, untuk takaran aman maka tambahkan lah sekitar 500 hingga 1000 kalori perhari. Setiap orang akan mendapatkan hasil yang berbeda, namun biasanya proses ini bisa menambahkan berat hingga 15 dalam seminggu.

Biar jelasnya, berikut berberapa hal yang perlu diketahui jika ingin mengemukan badan secara sehat, yaitu :

  1. Mengetahui kebutuhan kalori harian.

Dalam proses mengemukan badan, kunci utamanya adalah memperhatikan asupan kalori yang masuk kedalam tubuh. Jika ingin menaikan berat badan, maka asupan kalori harus lebih banyak daripada kalori yang terbakar dalam satu hari. Inilah mengapa, cukup penting untuk mengetahui tentang cara menghitung kalori harian. Sebagai langkah awal anda bisa mengunjungi dokter gizi untuk mengetahu secara pasti tentang kebutuhan kalori yang sesuai dengan umur, berat badan dan aktifitas harian. Baru kemudian bisa mendiskusikan tentang jumlah kalori dari makanan yang nantinya akan di konsumsi.

  1. Menambah porsi makan dan melakukannya lebih sering.

Untuk mendapakan asupan kalori yang lebih banyak, tentunya porsi makan juga harus di tambah. Walaupun bagi yang memiliki tubuh kurus, kebanyakan cepat merasa kenyang walapun hanya mengkonsumsi sedikit makanan. Untuk itulah, disarankan untuk makan lebih sering dibandingkan biasanya.

  1. Menambah asupan protein.

Dalam proses mengemukan berat badan, zat yang cukup penting untuk diperhatikan adalah protein. Karena tanpanya, Kalori yang kita dapatkan dari makanan akan berakhir menjadi lemak tubuh bukan menjadi komponen otot manusia. Terdapat begitu banyak jenis makanan yang bisa menjadi sumber protein. Seperti daging, ikan, telur dan kacang – kacangan.

  1. Lakukan olahraga yang teratur.

Valid no debat, olahraga yang teratur bisa membuat tubuh menjadi sehat. Tentunya ini membuat proses menaikan berat badan menjadi lebih ideal. Namun begitu, disarankan untuk melakukannya dengan perhitungan yang jelas. Karena olahraga akan membuat kalori terbakar, sementara menaikan berat badan wajib manikan jumlah kalori.

Yang perlu diingat, proses mengemukan berat badan yang sehat, tidak bisa di lakukan dengan cara instan. Semuanya membutuhkan proses dan komitmen jangka panjang.