Trik Menggoreng Supaya Tidak Meletup

Trik Menggoreng Supaya Tidak Meletup

Bunda, salah satu permasalah dalam menggoreng masakan adalah kerap kali mengalami hal ini yakni adanya letupan yang bersumber dari makanan tersebut.

Terutama pada jenis masakan ikan ini sering kali ada letupan dan kalau sampai terkena muka atau bagian tubuh tentu saja rasanya sangat sakit karena kondisi minyak sedang sangat panas sekali.

Sebelum bunda menemukan ide mau masak apa ya besok hari? apakah mau masak ikan goreng, atau yang lainya. Kalau ikan goreng maka kondisi ini bisa jadi atau sering bunda alami namun tidak tau cara mengatasinya.

Kadang saking parnonya banyak ibu ibu muda tidak berani menggoreng ikan loh karena kondisi ini, atau mereka menghindar sangat jauh dari kompor dan membuat masakanya gosong.

Sebenarnya ini permasalahan sederhana ya bunda, terjadinya letupan pada saat menggoreng ikan atau apa saja ini dikarenakan karena dalam tubuh ikan tersebut masih ada kandungan airnya disebabkan bekas mencuci ikan.

Nah bekas air ini sendiri kalau tercampur dengan minyak goreng panas maka akan meletup kemana mana. Atau bisa juga saat menggoreng jagung, jadi dalam biji jagung itu ada kandungan airnya juga. Semakin banyak maka letupan akan semakin banyak pula.

Maka trik sederhananya adalah usahakan tiriskan dulu semua apa yang akan anda goreng dari kondisi adanya air, kemudian barulah digoreng.

Nah cara lain sendiri bisa bunda lakukan misalkan:

1. Perhatikan ukuran wajan

Ukuran wajan sendiri akan mempengaruhi letupan ini. Misalkan anda mau memasak ikan yang potonganya besar dengan menggunakan wajan yang kecil maka kondisi letupan akan sangat mudah terjadi.

Dan sebaliknya jika wajan pas maka tentu saja ikan tidak akan meletup dengan catatan minyak gorenya juga sudah cukup.

2. Menggunakan alat pelindung

Jika bunda masih sanga trauma maka kami sarankan gunakan helm pelindung yang bisa anda beli dimana saja. Face shelt misalkan ini bisa anda coba dan gunakan dalam melindungi wajah anda dari percikan minyak goreng ayang meletup.

3. Kondisi wajan harus kering

Nah sebelum bunda menggunakan wajan, maka pastikan dulu wajan ini benar benar kering. Jadi ketika dimasukan minyak goreng nanti akan aman.

Biasanya setelah digunakan wajan ditaruh sembarangan dan bisa jadi terkena cipratan air dan tentu saja kalau digunakan menggoreng akan meletup.

4. Goreng dengan api kecil

Kemudian bunda juga bisa menyiasati timbulnya letupan ini dengan menggoreng ikan dalam kondisi minyak kecil atau sedang jadi jangan langsung diberikan volume maksimal ketika menggunakan kompor.

Dari berbagai cara diatas tentu saja sedikit tidak bunda bisa menghindar dari letupan minyak ketika menggoreng jenis masakan, makanan apa saja semoga bermanfaa ya bund dan tentu saja ini menjadi hal penting karena kalau sampai kena muka duh akan sangat sakit sekali bisa bisa parah juga tentu saja.